Operasi Protokol Kesehatan, Tim Gabungan Sasar Pusat Perbelanjaan Modern

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Operasi protokol kesehatan dengan sasaran utama pemakaian masker digelar tim gabungan menyasar sejumlah pusat perbelanjaan modern di Kecamatan Sukoharjo dan Grogol. Hasilnya puluhan orang terjaring dan mendapat sanksi sosial dan pembinaan karena kedapatan memakai masker tidak benar. Secara keseluruhan usai kegiatan diketahui tingkat kesadaran masyarakat memakai masker sudah tinggi. Hal itu penting mengingat Kabupaten Sukoharjo sekarang berstatus zona merah atau tingkat penularan virus corona tinggi.

Tim gabungan yang terlibat dalam operasi protokol kesehatan tersebut yakni, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Polres, Kodim 0726, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) dan Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo. Kegiatan dilakukan petugas dengan menyisir setiap orang yang ditemui dibeberapa pusat perbelanjaan modern di wilayah Kecamatan Sukoharjo dan Grogol. Sasarannya yakni pemakaian masker sebagai bagian dari usaha mencegah penyebaran virus corona.

Kepala Bidang (Kabid) Ketertiban Umum Satpol PP Sukoharjo, Wardino, Selasa (20/10/2020), mengatakan, operasi protokol kesehatan dengan sasaran masker dilakukan tim gabungan dengan sasaran pusat perbelanjaan modern. Kegiatan dilakukan setelah sebelumnya sering menyasar tempat keramaian seperti di jalan, warung makan dan beberapa area lainnya.

Pusat perbelanjaan modern disasar karena rawan terjadi penularan virus corona mengingat banyaknya orang berkerumun. Disisi lain juga kerawanan pelanggaran protokol kesehatan besar karena banyak tidak memakai masker.

Dalam operasi protokol kesehatan tersebut petugas tim gabungan menemukan puluhan orang melanggar memakai masker tidak benar. Masker hanya dipakai sampai dagu saja dan tidak menutup mulut dan hidung. Atas pelanggaran tersebut pelaku pelanggaran mendapat sanksi sosial dan pembinaan. Mereka juga menerima sosialisasi dari petugas tentang tata cara memakai masker yang benar untuk menghidari penularan virus corona.

BERITA REKOMENDASI