Orangutan Waduk Gajah Mungkur Ngamuk Lukai Pawang

Editor: Ivan Aditya

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Orangutan atau siamang koleksi Obwis Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri yang diberi nama Jacko mengamuk, Sabtu (20/01/2018). Hewan tersebut melukai pawangnya sendiri Tono (56) warga Sendang Wonogiri, akibatnya korban dilarikan ke RSUD dr Soediran MS Wonogiri menyusul luka  parah yang dideritanya.

Hingga Sabtu petang belum diketahui secara pasti penyebab hingga penghuni bonbin WGM itu tega melukai pawang yang saban hari merawatnya. Dugaan sementara primata itu lagi birahi.

"Saksi korban sebagai pawang seperti biasa, setiap pagi membantu memberi makan dan memandikan. Tapi entah karena apa tiba-tiba Jacko ngamuk menarik dan menggigit tangan Tono," papar Kepala Disparpora Wonogiri, Sentot Sujdarwoko SH.

Ditambahkannya, pekerja bagian taman tersebut harus dilarikan ke rumah sakit RS Kharisma Solo. Ia mengalami sejumlah luka gigitan di bagian tangannya hingga patah tulangnya dan harus dioperasi.

"Tadi siang saya dapat kabar,setelah menjalani perawatan di RSUD Sudiran Mangun Soemarso ia dirujuk ke RS Kharima Solo untuk menjalani operasi," tandas Sentot.

Orangutan itu baru dua tahun menjadi koleksi WGM sehingga wajar jika birahi. Jacko sendiri merupakan titipan dari BKSD Propinsi Jateng. Sentot pun mengakui jika hingga saat ini  kesulitan mencarikan pasangan untuk si Jacko. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI