P3A Dam Colo Minta BBWSBS Tidak Tutup Pintu Air

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Paguyuban Petani Pengguna Air (P3A) Dam Colo Timur meminta agar agenda rutin tahunan penutupan pintu air Dam Colo Nguter pada 1 Oktober 2021 nanti tidak dilakukan. Petani meminta agar pintu air Dam Colo tetap dibuka agar kebutuhan air untuk mengairi sawah terpenuhi. Permintaan tersebut dilakukan dengan mengirim surat ke Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS).

Ketua P3A Dam Colo Timur Jigong Sarjanto, Selasa (31/8/2021) mengatakan, sudah menjadi agenda rutin tahunan setiap 1 Oktober setiap tahun dilakukan penutupan pintu air Dam Colo Nguter. Penutupan dilakukan dengan tujuan mengeringkan Dam Colo untuk selanjutnya dilakukan pemeliharaan rutin tahunan. Namun khusus tahun 2021 ini P3A Dam Colo Timur meminta agar penutupan pintu air seperti pada tahun sebelumnya tidak dilakukan. Petani meminta agar pintu air tetap dibuka agar kebutuhan mengairi sawah terpenuhi.

Jigong melanjutkan, berdasarkan pengamatan lapangan P3A Dam Colo Timur melihat musim tanam II (MT II) padi mundur. Hal ini berdampak pada mundurnya MT III padi berikutnya. Kondisi mundur juga terjadi pada panen MT II padi.

“Kebutuhan air petani mengairi sawah pada MT III padi sangat besar dan kami lihat volume air di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri dan Dam Colo Nguter juga banyak. Jadi P3A Dam Colo Timur meminta agar penutupan pada 1 Oktober nanti tidak dilakukan,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI