Pakan Hijauan Ternak Tercemar Abu Vulkanik

KLATEN, KRJOGJA.com – Hujan abu tipis mengguyur beberapa wilayah Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, Selasa (19/1/21). Diantaranya di Desa Sidorejo, Desa Tegalmulyo dan Desa Balerante.

Relawan pantauan visual Gunung Merapi di Pos Induk Balerante, Dukuh Gondang, Balerante, Lek Min mengemukakan, hujan abu tipis hanya sebentar dan tidak terlalu menggangu aktivitas warga. Hujan abu kali ini merupakan yang kedua kalinya mengguyur Balerante.

“Hujan abunya cuma numpang lewat terbawa angin. Kalau awan panasnya sekitar 200 detik, ke arah barat daya, Krasak dan Boyong,” kata Lek Min.

Terpisah, Sukiman dan Jack Donald, warga Deles, Sidorejo, mengemukakan, hujan abu tipis di Deles terjadi sekitar pukul 03.00 hingga pukul 05.00 WIB. Hal ini juga tidak terlalu mengganggu aktivitas warga. Namun demikian, sangat terasa saat warga berada di luar rumah. Jatuhan abu vulkanik mengotori tubuh dan pakaian.

“Tadi pagi hujan abu tipis, smapai jam 07.00 WIB masih agak kepyur, kalau yang deras ya jam 03.00 WIB,” kata Jack Donald.

BERITA REKOMENDASI