Paket Pembangunan Citywalk Diserahterimakan

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Penataan wajah kota berupa pembangunan citywalk paket 1 di Jalan Jenderal Sudirman Sukoharjo Kota selesai dikerjakan 100 persen dan telah dilakukan serahterima dari rekanan ke Pemkab Sukoharjo. Sedangkan dua paket pembangunan lain tinggal menunggu penyempurnaan akhir dan proses serahterima.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sukoharjo Suraji didampingi Kabid Perumahan Sarwidi, Jumat (23/12/2016) mengatakan, satu dari tiga paket pembangunan citywalk di Jalan Jenderal Sudirman Sukoharjo Kota telah selesai 100 persen. Khusus untuk paket 1 bahkan telah dilakukan serahterima.

Proses serahterima dilakukan setelah pihak rekann menyelesaikan pembangunan. Selain itu DPU Sukoharjo juga telah melakukan pemeriksaan di lokasi. Setelah serahterima maka kewenangan pengelolaan menjadi tanggungjawab DPU Sukoharjo. Meski demikian rekanan masih memiliki kewajiban melakukan pemeriksaan.

Pembangunan citywalk paket 2 dan 3 juga telah selesai dan tinggal penyempurnaan akhir berupa pembersihan lokasi dari sampah dan perataan tanah urug taman. Diperkirakan pengerjaan tersebut hanya membutuhkan waktu beberapa hari saja. “Paket 1 sudah selesai dan serahterima. Paket 2 dan 3 sudah selesai dan tinggal serahterima saja,” ujar Suraji.

DPU Sukoharjo terus mengejar pihak rekanan untuk segera menyelesaikan pembangunan dan melakukan serahterima. Sebab batas waktu akhir sesuai kontrak kerja yakni 27 Desember. Sisa waktu empat hari kedepan diharapkan dimaksimalkan. “Kami yakin semua selesai pembangunan dan serahterimanya sebelum batas akhir kontrak,” lanjutnya.

Sarwidi menambahkan, sebelum dilakukan serahterima dari rekanan ke DPU Sukoharjo terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan hasil kerja dengn melihat langsung di lokasi. Hal itu dilakukan agar hasil pembangunan sesuai harapan dan tidak ada masalah.

Salah satu yang disorot yakni berkaitan dengan tiang penyangga dalam pembangunan pengecoran citywalk. Hal itu harus dipastikan dicopot agar tidak menjadi penyebab banjir. “Terakhir yang dilakukan rekanan yakni melakukan pengasplan jalan di citywalk,” ujar Sarwidi.

Pengerjaan tahap akhir lainya yang dilakukan rekanan yakni pemasangan jaringan lampu dan pengurukan tanah taman. Maksimal dalam dua hari kedepan diharapkan bisa selesai. (Mam)

BERITA REKOMENDASI