Panen Padi Melimpah, Sukoharjo Tidak Butuh Beras Impor

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Stok beras di Kabupaten Sukoharjo melimpah dan tidak memerlukan tambahan beras impor. Stok beras semakin bertambah banyak untuk memenuhi kebutuhan pangan daerah pada puasa Ramadan dan Lebaran dari hasil panen padi petani lokal.

Disisi lain, petani di Kabupaten Sukoharjo menolak keras rencana impor beras pemerintah karena akan mematikan kesejahteraan petani lokal ditengah modernisasi peralatan pertanian yang gencar dilakukan pusat.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Netty Harjianti, Minggu (21/3) mengatakan, dalam sejarahnya Kabupaten Sukoharjo belum pernah kemasukan beras impor. Pada tahun berikutnya kondisi sama juga masih terus dirasakan karena kebutuhan pangan beras dapat terpenuhi secara mandiri.

Kabupaten Sukoharjo ditegaskan Netty sudah mampu swasembada pangan sendiri sejak lama dan menjadi salah satu daerah yang diandalkan pemerintah pusat dalam membantu penyediaan stok beras nasional. Karena itu jadi atau tidaknya rencana impor beras oleh pemerintah sangat tidak berpengaruh pada Kabupaten Sukoharjo.

BERITA REKOMENDASI