Panitia Penyaluran Zakat Fitrah Diminta Patuhi Protokol Kesehatan

Pemkab Sukoharjo sudah berkoordinasi dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo terkait teknis penyaluran zakat. Kemenag Sukoharjo sudah menurunkan petugas membantu memberikan sosialisasi kepada panitia penyaluran zakat fitrah di masjid untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Corona.

Proses pengumpulan zakat fitrah dilakukan dengan membuka dalam waktu beberapa hari. Etik mengatakan, hal itu dimaksudkan untuk memberi kelonggaran waktu warga membayar zakat fitrah. Setelah berhasil terkumpul maka nantinya penyaluran dilakukan petugas atau panitia dengan mendatangi rumah warga penerima. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi kerumunan massa ditempat penyaluran zakat fitrah.

“Penyaluran zakat fitrah bisa diantarkan panitia ke penerima. Jadi tidak ada kerumunan massa di masjid. Apalagi baru saja ada temuan klaster baru penularan virus Corona di masjid,” lanjutnya.

Etik Suryani menambahan, Pemkab Sukoharjo sudah meminta pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo untuk turun memperketat pengawasan terhadap panitia penyaluran zakat fitrah. Hal itu bertujuan agar pelaksanaan sesuai dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Corona.

Pengawasan juga dilakukan dengan melibatkan petugas di masing masing desa dan kelurahan. Termasuk juga melibatkan pengurus RT dan RW serta takmir masjid. Nantinya apabila ada pelanggaran maka Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo akan memberikan pembinaan.

“Pengetatan sama juga berlaku terhadap panitia pembagian takjil karena masih banyak ditemukan pelanggaran. Di jalan masih banyak pembagian takjil melanggar protokol kesehatan karena ditemukan kerumunan massa dan tidak memakai masker,” lanjutnya.

Khusus untuk pembagian takjil di jalan, Etik meminta kepada petugas terkait untuk turun melakukan pengawasan tidak hanya penegakan aturan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Corona saja, tapi juga berkaitan dengan kelayakan kesehatan atau kondisi kandungan makanan dan minuman yang dibagikan.

BERITA REKOMENDASI