Pantau Lalu Lintas dan Antisipasi Kejahatan, Sukoharjo Tambah CCTV

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo berencana menambah sekitar empat sampai lima kamera CCTV baru untuk memantau arus lalu lintas kendaraan disejumlah wilayah. Penambahan tersebut dilakukan menyesuaikan dengan kebutuhan sekarang.

Kepala Dishub Sukoharjo Joko Indriyanto, Rabu (24/1/2018) mengatakan, posisi sekarang sudah ada 22 kamera CCTV terpasang disejumlah wilayah di Sukoharjo. Pemasangan tersebar merata tidak hanya di pusat kota namun juga di pinggiran perbatasan.

Meski begitu jumlah kamera CCTV yang ada sekarang masih belum mencukupi kebutuhan. Sebab pemantauan terhadap arus lalu lintas kendaraan perlu dilakukan secara keseluruhan.

“Masih ada sejumlah titik di suatu kecamatan sama sekali belum mendapat pemantauan dari kamera CCTV. Padahal itu sangat penting,” ujar Joko Indriyanto.

Kecamatan yang belum mendapat pengawasan kamera CCTV yakni di Kecamatan Bulu dan Polokarto. Sedangkan 10 kecamatan lainnya di Sukoharjo sudah dipasangi kamera CCTV.

“Pemasangan kamera CCTV sekarang memang terpusat di wilayah padat kendaraan. Lalu lintas disana sering macet jadi perlu dipantau dan petugas bisa langsung ke lokasi untuk mengurai kemacetan,” lanjutnya.

Wilayah yang paling banyak dipasang kamera CCTV yakni di Kecamatan Sukoharjo Kota, Grogol dan Kartasura. Meski sudah dipasang banyak namun tidak menutup kemungkinan akan dilakukan penambahan.

Seperti di wilayah Kecamatan Kartasura tepatnya di pertigaan Tugu Lilin Makamhaji. Titik tersebut merupakan perbatasan antara Kota Solo dengan Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo dan sering terjadi kemacetan. Pemantauan menggunakan kamera CCTV sangat diperlukan untuk membantu petugas memantau situasi.

“Kita hanya mengusulkan saja tapi belum tentu bisa dikabulkan. Sebab selain menunggu kesiapan anggaran juga perlu koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya,” lanjutnya.

Koordinasi dimaksud Joko Indriyanto berkaitan dengan izin, penempatan petugas untuk membantu mengatur lalu lintas sampai jaminan kamera CCTV mendapatkan jaringan atau sinyal penghubung untuk mengoperasikan.

Kasatlantas Polres Sukoharjo AKP Finan Sukma Radipta mengatakan, pemantauan lalu lintas disejumlah wilayah memang sangat memerlukan bantuan alat berupa kamera CCTV. Selama ini petugas dari Satlantas Polres Sukoharjo sudah menggunakan.

“Kalau memang perlu ditambah maka kami setuju. Sebab dibeberapa titik padat dan rawan kamacetan belum terpasang kamera CCTV. Seperti di pertigaan Tugu Lilin Makamhaji. Disana berbatasan langsung dengan Kota Solo dan sering macet,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI