Pantauan Kebutuhan Pangan Diintensifkan

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemantauan harga dan stok bahan pangan mulai diintensifkan oleh Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo. Pemantauan dilakukan petugas dengan pengecekan langsung ke pasar tradisional dan bertemu pedagang. 

Hal itu dilakukan untuk menjamin kebutuhan masyarakat mudah dan murah didapat saat puasa Ramadan Mei medatang dan Lebaran pada Juni nanti. 

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo, Selasa (27/03/2018) mengatakan puasa Ramadan dan Lebaran memang masih lama Mei – Juni mendatang atau dua bulan kedepan. Namun pemerintah pusat sejak awal sudah memerintahkan semua daerah untuk melakukan persiapan. Salah satu bentuknya yakni pemantauan dan laporan data perkembangan stok dan harga kebutuhan pangan.

"Pelaku penimbunan bahan kebutuhan pokok dan permainan harga bisa dijerat sanksi hukum. Praktek pelanggaran tersebut rawan terjadi dan harus diantisipasi sejak dini."

Hasil pemantauan sementara diketahui belum ada temuan masalah. Sebab baik stok maupun harga masih normal dan belum ada gejolak. Kepastian tersebut diketahui setelah data laporan dari petugas disemua pasar tradisional.

"Pemerintah pusat sudah jelas instruksinya agar tidak terjadi masalah berupa gangguan stok dan harga bahan kebutuhan pokok pangan. Kami langsung lakukan pemantauan disemua pasar tradisional dan hasilnya belum ada temuan masalah," ujar Sutarmo.

Sementara itu data dari Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo diketahui hasil pemantauan harga kebutuhan pangan mengalami penurunan. Seperti beras harga mulai Rp 9.000 perkilogram – Rp 11.000 perkilogram, gula pasir Rp 11.500 perkilogram, cabai merah keriting Rp 40.000 perkilogram dan cabai merah besar Rp 40.000 perkilogram.

Lalu cabai rawit merah Rp 40.000 perkilogram, cabai rawit hijau Rp 25.000 perkilogram, bawang merah Rp 25.000 perkilogram, bawang putih honan Rp 32.000 perkilogram dan bawang putih kating Rp 45.000 perkilogram, daging ayam broiler Rp 31.000 perkilogram dan daging ayam kampung Rp 50.000 perkilogram. (Mam)

BERITA REKOMENDASI