Partai Golkar Buka Opsi Usung Cabup di Pilkada Klaten

Editor: KRjogja/Gus

KLATEN, KRJOGJA.com – Partai Golkar membuka peluang untuk mengusung calon di Pilkada Klaten 2020. Bagi yang berminat ingin mencalonkan diri dipersilahkan mendaftar di Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Klaten.

Ketua DPD II Partai Golkar Klaten, Yoga Hardaya, mengatakan, keputusan membuka pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati merupakan perintah DPD I Partai Golkar Jawa Tengah. Opsi itu diambil setelah Partai Golkar Klaten keluar dari koalisi PDIP.

“Pembukaan pendaftaran balon bupati dan wakil bupati mulai pekan depan. Waktunya selama tiga hari,” ujar Yoga saat ditemui awak media usai rapat internal, Jumat sore (21/2/2020).

Partai Golkar memberikan persyaratan bagi merka yang ingin mendaftarkan diri, salah satunya harus membawa dukungan dari partai lain yang minimal memiliki tiga kursi. Hal itu karena Partai Golkar Klaten hanya punya modal tujuh kursi.

“Partai Golkar Klaten hanya memiliki tujuh kursi sehingga tidak bisa mengusung calon sendirian. Supaya bisa terpenuhi menjadi 10 kursi maka bagi yang ingin mendaftar syaratnya harus sudah membawa dukungan dari partai lain yang minimal punya tiga kursi,” ujarnya.

Yoga mengatakan, saat ini sudah ada dua orang yang berkirim surat ke DPD II Partai Golkar Klaten yang menghandaki minta dukungan. Keduanya sama-sama ingin mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati.

“Pekan depan keduanya akan kami panggil untuk memenuhi persyaratan pendaftaran. Untuk kriteria yang penting pendidikan, visi misi, serta program pemenangannya,” jelasnya.

Sebagai informasi, Partai Golkar Klaten memutuskan untuk keluar dari koalisi dengan PDIP setelah Yoga Hardaya gagal mendapatkan rekomendasi sebagai calon wakil bupati mendampingi Sri Mulyani yang diusung PDIP.

Sedangkan DPP PDIP sendiri memberikan rekomendasi untuk posisi calon wakil bupati kepada Aris Prabowo yang merupakan kader PDIP.(Lia)

 

BERITA REKOMENDASI