Pasangan EA Resmi Daftarkan Diri ke KPU Sukoharjo

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Etik Suryani dan Agus Santosa (EA) pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Sukoharjo Pilkada 2020 resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo, Jumat (04/09/2020). Pendaftaran dilakukan pasangan EA pada hari pertama pendaftaran yang dibuka KPU Sukoharjo. Dalam proses pendaftaran pasangan EA diiringi rombongan massa dari rumah pribadi Etik Suryani di kawasan Solo Baru, Grogol.

Ketua Tim Pemenangan pasangan EA sekaligus Bendahara DPC PDIP Sukoharjo Wawan Pribadi mengatakan, proses pendaftaran diawali dengan deklarasi pemenangan pasangan EA di rumah pribadi Etik Suryani di Solo Baru, Grogol. Deklarasi diikuti oleh partai politik (parpol) pengusung pasangan EA yakni DPC PDIP, Partai Demokrat, Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Golkar.

Deklarasi dimaksudkan sebagai bentuk kebulatan tekad memenangkan pasangan EA dalam Pilkada 2020. Usai deklarasi, pasangan EA diiring massa menuju ke kantor KPU Sukoharjo.

“Ada empat parpol pengusung pasangan EA semua sudah memberikan surat rekomendasi dengan total 27 kursi dewan. Itu modal kuat memenangkan pasangan EA dalam Pilkada 2020,” ujarnya.

Parpol yang sudah memberikan surat rekomendasi membuat perolehan jumlah kursi dukungan semakin besar. Secara rinci, jumlah kursi dewan dari DPC PDIP sebanyak 20 kursi, Partai Demokrat 1 kursi, Partai Nasdem 1 kursi dan Partai Golkar 5 kursi. Total keseluruhan jumlah kursi yang sudah dikantongi EA sebanyak 27 kursi.

Wawan melanjutkan, pasangan EA kemudian mendaftarkan diri dan menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU Sukoharjo. Berkas kemudian diteliti untuk dilihat kelengkapannya sebagai syarat maju Pilkada 2020. “Hasil penelitian berkas pendaftaran pasangan EA oleh KPU Sukoharjo sudah dinyatakan lengkap memenuhi syarat,” lanjutnya.

Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda mengatakan, sudah menerima berkas pendaftaran pasangan EA maju Pilkada 2020. KPU Sukoharjo selanjutnya langsung melakukan penelitian semua berkas yang diterima.

Hasil penelitian diketahui hasil semua berkas pendaftaran pasangan EA maju Pilkada 2020 dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat. Kelengkapan tersebut membuat pasangan EA resmi diterima KPU Sukoharjo dan berhak maju dalam Pilkada 2020.

“Berkas pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati pasangan EA sudah diterima dan diteliti KPU Sukoharjo dengan hasil lengkap dan diterima. Kami nyatakan memenuhi syarat dan tidak perlu melengkapi,” ujarnya.

Ketua DPD II Partai Golkar Sukoharjo, Giyarto mengatakan, DPP Partai Golkar memberikan rekomendasi pada pasangan EA maju dalam Pilkada 2020. Rekomendasi yang diberikan oleh DPP Partai Golkar senada dan seirama dengan aspirasi dari DPD II Partai Golkar Sukoharjo. Pasalnya, Golkar Sukoharjo sesuai hasil rapat pleno sudah memutuskan untuk mendukung pasangan Etik-Agus.

“Apa yang jadi keputusan DPD II Partai Golkar Sukoharjo kami sampaikan ke DPW Partai Golkar Provinsi Jawa Tengah yang juga mengajukan pasangan EA untuk mendapat rekomendasi,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI