Pasar Pagi Ir Soekarno Pindah Dalam

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pasar Pagi Pasar Ir Soekarno Sukoharjo di Jalan Jenderal Sudirman Sukoharjo sudah tidak ada lagi. Pedagang mulai 23 Februari dipindah ke dalam pasar dengan menempati dua lokasi. Pemindahan dilakukan untuk memperlancar arus lalu lintas kendaraan dan meramaikan didalam pasar.

Pelaksana Tugas (Plt) Lurah Pasar Ir Soekarno Sukoharjo Widadi Nugroho, Sabtu (26/02/2022) mengatakan, Pasar Pagi Pasar Ir Soekarno Sukoharjo sebelumnya digelar dimana pedagang menempati Jalan Jenderal Sudirman Sukoharjo didepan Pasar Ir Soekarno. Pedagang mulai berdagang dengan batas waktu maksimal pukul 07.00 WIB setiap hari. Saat digunakan pedagang arus lalu lintas kendaraan di Jalan Jenderal Sudirman Sukoharjo ditutup.

Pihak pengelola Pasar Ir Soekarno Sukoharjo kemudian mengalihkan Pasar Pagi Pasar Ir Soekarno Sukoharjo ke dalam lingkungan pasar mulai 23 Februari. Sebelum diterapkan para pedagang sudah mendapat sosialisasi dari petugas.

Lokasi yang digunakan untuk Pasar Pagi Pasar Ir Soekarno Sukoharjo yakni di pelataran pasar dan jalan samping Utara pasar atau arah terminal angkutan. Para pedagang yang berjualan di Pasar Pagi Pasar Ir Soekarno Sukoharjo tidak keberatan dan menerima pemindahan lokasi berdagang.

Sikap menerima pedagang ditunjukan dengan menempati semua tempat berdagang yang telah disediakan. Pengelola Pasar Ir Soekarno Sukoharjo memindahkan lokasi dengan maksud untuk memperlancar arus lalu lintas kendaraan di Jalan Jenderal Sudirman Sukoharjo. Selain itu juga untuk meramaikan perdagangan di dalam Pasar Ir Soekarno Sukoharjo.

“Pemindahan lokasi pasar pagi sekaligus kami gunakan untuk penataan pedagang yang ada di luar pasar. Pedagang yang sebelumnya berjualan di luar pasar kami minta masuk jualan di dalam pasar,” ujarnya.

Pengelola Pasar Ir Soekarno Sukoharjo setelah ini meminta pada pedagang untuk mematuhi aturan. Pedagang hanya diperbolehkan berjualan di dalam pasar dan lokasi sekitar yang ditunjuk. Sedangkan untuk lokasi diluar pasar menggunakan trotoar dan badan jalan sudah dilarang.

Pengawasan dilakukan pengelola Pasar Ir Soekarno Sukoharjo dengan menempatkan petugas. Apabila ada pedagang yang nekat berjualan di luar maka langsung dilakukan penindakan. Selain itu, juga telah dipasang banner pengumuman berisi larangan berjualan di luar pasar dan pedagang diminta masuk berjualan ke dalam pasar.

“Pedagang tidak boleh jualan diluar. Semua harus masuk dan meramaikan dalam pasar,” lanjutnya.

Pengelola Pasar Ir Soekarno Sukoharjo ditengah pandemi virus Corona dan penerapan PPKM Level 3 tetap memberlakukan pengawasan protokol kesehatan secara ketat. Pedagang maupun masyarakat yang datang ke Pasar Ir Soekarno diminta memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun dan lainnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI