Pasien Covid RSD Bagas Waras Diajak Mancing dan Dengarkan Tausiah

KLATEN, KRJOGJA.com – Rumah Sakit Daerah (RSD) Bagas Waras Klaten, Jawa Tengah menerapkan cara baru untuk menguatkan mental pasien covid 19 agar tidak putus asa dalam melawan sakit. Sambil berjemur di pagi hari sekaligus menambah daya imun, para pasien diajak penyegaran rohani dengan mendengar tausyiah seorang ustad. Sebelumnya telah menempuh cara dengan mengajak pasien berjemur, bercengkerama serta memancing.

“Saat ini di RSD Bagas Waras Klaten masih merawat 15 pasien covid 19. Secara rutin pasien kami ajak berjemur dan senam. Disela-sela duduk dan berteduh di bawah pohon, mereka kami berikan siraman rohani agar tetap semangat, tidak menyerah melawan sakit dan sabar menghadapi cobaan” kata Direktur RSD Bagas Waras Klaten dr Limawan M. Kes, Selasa (4/8).

Terkait petugas pengisi tausyiah, dokter lulusan Fakultas Kedokteran UGM tahun 1991 itu mengatakan, rohaniawan RSD Bagas Waras sendiri yang melakukan ceramah.

“Selain dirawat di ruang isolasi, maka sesuai protokol kesehatan, pasien covid 19 juga tidak boleh dibesuk dan ditunggui keluarga. Kami memahami kejiwaan pasien covid 19 memang tidak ringan. Untuk itu, selain kadang diajak mancing di belakang rumah sakit, kemarin ada ide yang melintas begitu saja, agar pasien diberikan siraman rohani. Alhamdulillah sampai hari ini, semua pasien covid 19 yang dirawat di RSD Bagas Waras Klaten semuanya sembuh,” kata dr Limawan.

BERITA REKOMENDASI