Pasren nge-Lukis Bareng di Pinggir Jalan

KLATEN, KRJOGJA.com – Para pelukis dan masyarakat umum nge-Lukis bareng on the spot, di trotoar Jalan Pemuda Klaten, Minggu (14/4/2019). Kegiatan diselenggarakan oleh Perkumpulan Senirupawan Klaten (Pasren).

Puluhan pelukis yang tergabung dalam Pasren, maupun pelukis yang belum menjadi anggota Pasren menyemarakan pesta seni lukis tersebut. Mereka datang antusias dengan membawa seluruh peralatan secara mandiri. Mulai dari media lukis berupa kertas atau kanvas, cat dan lainya.

Dalam kegiatan itu juga terlihat antusiasme warga pengunjung Car Free Day untuk berdialog dengan para pelukis yang sedang berkarya. Para pengunjung menanyakakn berbagai hal terkait dengan kegiatan melukis. Mulai dari teknis melukis, bahan hingga harga jual karya seni tersebut.

Karang Sasangka, Ketua Pasren mengemukakan, kegiatan itu baru sekali dilakukan. Dengan melihat tingginya antusiasme masyarakat, ia berharap kegiatan ini bisa memberikan media kreatifitas bagi para pelukis, dan juga menjadi ajang pencerahan bagi masyarakat pecinta seni lukis.

“Para pengunjung tidak hanya dari kalangan anak-anak atau remaja, banyak juga orangtua. Mereka tanyakan tentang melukis itu tekniknya bagaimana, sampai harga lukisan berapa. Jadi ada dialog antara teman-teman pelukis dengan masyarakat umum. Ini yang menurut saya cukup bagus untuk transfer ilmu melukis kepada masyarakat,” kata Karang Sasangka.

Arifin, salah seorang pelukis muda dari wilayah Tulung juga ikut menyemarakan kegiatan tersebut. Menurut Arifin, kegiatan melukis bareng selayaknya dilakukan secara berkala. Hal ini dinilai penting, sebagai ajang untuk saling bertukar ide antar pelukis. Selain itu sebagai ajang silaturahim, dan tempat pelukis muda untuk lebih banyak belajar pada para seniornya.

“Saya berharap melukis bareng ini bisa dilakukan sebulan sekali misalnya. Di sini saya bisa melihat banyak sekali manfaatnya. Dengan melukis bareng, bisa saling tertarik untuk mencoba melukis dengan media lain yang selama ini belum pernah dicoba, jadi banyak hal baru yang menginspirasi,” kata Arifin.(Sit)

 

 

BERITA REKOMENDASI