Pastikan Program Pangan Lancar, Personel TNI Lakukan Pengawasan

Editor: KRjogja/Gus

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Personel TNI terus melakukan berbagai program untuk memastikan berbagai program, terutama sektor pangan, berjalan lancar. Salah satunya yakni dengan memantau langsung di lapangan, dari mulai mengecek saluran irigasi hingga pengawalan pupuk bersubsidi.

Di Desa Senggrong, Kecamatan Andong, Babinsa Koramil 15/Andong Kodim 0724/Boyolali, Serka Widada, turun langsung memantau pendistribusian pupuk subsidi jenis urea. Selain di tingkat petani, distributor pupuk juga disambangi untuk mengecek stok dan jalur distribusi untuk memastikan tak ada penyelewengan.

"Pengawasan pupuk konsisten kami lakukan. Kami juga turut mengawal distribusinya untuk memastikan tak ada kesalahan," tegasnya, Selasa (17/9).

Sosialisasi pun ia lakukan, terutama kepada penyalur, agar tak ada penyimpangan distribusi pupuk bersubsidi. "Sebab pupuk bersubsidi merupakan salah satu hal strategis dalam upaya pemerintah menjaga dan meningkatkan ketersediaan pangan bagi masyarakat.
"Jangan sampai petani kesulitan mendapat pupuk bersubsidi sesuai dengan haknya," katanya.

Sementara itu di Desa Semawung, Kecamatan Andong, personel TNI juga melakukan pengecekan infrastuktur pendukung pertanian, diantaranya pengawasan embung dan saluran irigasi. Babinsa Sertu Sugitono menjelaskan, di musim kemarau, ketersediaan air di saluran irigasi sangat strategis untuk menjaga stabilitas pertanian.

Karena itu, pengecekan debit hingga distribusi air di embung dan di saluran irigasi perlu rutin dilakukan. "Kita sweeping ke beberapa saluran irigasi di Desa ini. Apalagi sekarang musim kemarau. Untuk mengantisipasi terjadinya kekeringan, kita lakukan kroscek debet air di sepanjang saluran irigasi ini untuk memastikan semuanya berjalan lancar," tegasnya. (Gal)

 

BERITA REKOMENDASI