Patung Buatan Mbah Suro Sempat Heboh di Internet

KLATEN, KRJOGJA.com – Patung berbentuk kepala yang berada di Umbul Tirtomulyo, Desa Kedungan, Kecamatan Pedan, Klaten menggemparkan dunia maya karena sempat dianggap patung peninggalan jaman kuno.

Kepala Urusan (Kaur) Pemerintahan Desa Kedungan, Ruminto, Selasa (19/9/2017), mengatakan, patung berbentuk kepala yang berada di dasar Umbul Tirtomulyo dibuat oleh seorang tukang batu (Almarhum) Mbah Suro saat jaman penjajahan Belanda. Ada empat patung yang dibuat Mbah Suro pada masa itu.

"Cerita turun temurun, saat itu Mbah Suro yang membangun area umbul. Ada empat patung seperti kepala dan berbentuk hewan. Saat saya kecil pernah melihat patung itu. Saat ini bangunan umbul telah rusak karena tak lagi digunakan. Cuma terlihat satu patung karena dasar umbul tertutup tumpukan sedimen," ujarnya.

Dijelaskan, Umbul Turtomulyo dikenal dengan sebutan umbul buto karena adanya patung kepala tersebut. Pada masa lalu, umbul itu digunakan sebagai tampungan air irigasi pertanian. Namun semenjak air tak lagi muncul, keberadaan umbul menjadi mangkrak.

"Itu patung berbentuk kepala terbuat dari semen dan bata. Memang masyarakat tak banyak mengetahui adanya patung tersebut, jadi wajar jika terkejut. Saya sudah dengar patung itu jadi perbincangan di internet, dikira peninggalan kuno, padahal dari semen buatan Mbah Suro," ujarnya.(Lia)

BERITA REKOMENDASI