Pedagang Wajib Laporkan Perkembangan Harga Kebutuhan Pokok

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pedagang wajib melaporkan stok dan perkembangan harga pada petugas pasar. Kebijakan tersebut diambil untuk menghindari permainan yang mengakibatkan kerugian pada konsumen atau masyatakat. Pemerintah sudah menjamin ketersediaan barang khususnya kebutuhan pokok dan stabilitas harga termasuk menjelang dan selama puasa Ramadan hingga Lebaran.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo, Sabtu (12/05/2018) mengatakan, pedagang memiliki peran sangat penting untuk membantu pemerintah dalam mengontrol stok barang dan harga dipasaran. Barang yang dimaksud baik berupa kebutuhan pokok pangan seperti beras.

Kebutuhan pokok lainnya yang harus dipenuhi seperti elpiji dan bahan bakar minyak (BBM). Pedagang selama ini keberadaanya kurang aktif khususnya memberikan informasi pada petugas.

Pedagang lebih terkesan diam apabila menemukan masalah stok barang kurang sampai terjadi kenaikan harga di luar kewajaran. Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah meminta kepada pedagang untuk merubah pola pikir. Petugas sudah memberikan sosialisasi kepada pedagang kecil maupun besar disejumlah pasar tradisional.

"Sasarannya tidak hanya menjelang dan menghadapi puasa Ramadan dan Lebaran saja namun juga setelahnya pada hari biasa. Stok barang harus selalu ada dan harga stabil. Jangan sampai ada gejolak dan pedagang memiliki peran penting menyampaikan informasi ke petugas dan akan ditindaklanjuti," ujar Sutarmo.

Dalam sosialisasi pedagang juga dijelaskan mengenai aturan berkaitan dengan alur distribusi dan pemenuhan barang kebutuhan pokok. Pemerintah telah memberikan jaminan melalui lembaga terkait baik dalam mendistribusikan barang maupun menjamin stabilitas harga.

Apabila ada informasi sekecil apapun dari pedagang baik kendala distribusi, kelangkaan barang maupun kenaikan harga maka akan langsung ditindaklanjuti petugas. Wilayah terdampak akan jadi prioritas petugas dalam melakukan penanganan. Salah satunya dengan menggelontor barang sesuai dengan kebutuhan pokok agar stok bertambah dan harga stabil.

"Operasi pasar juga siap dilakukan apabila memang dibutuhkan. Pemerintah sudah menjamin stok barang kebutuhan pokok dan stabilitas harga. Di Sukoharjo sendiri sangat jarang dilakukan operasi pasar karena stok dan harga masih stabil," lanjutnya.

Lurah Pasar Ir Soekarno Sukoharjo Tri Sukrisno mengatakan, suplai barang kebutuhan pokok di Pasar Ir Soekarno Sukoharjo masih lancar. Semua barang terpenuhi disemua pedagang yang dampaknya membuat harga stabil. Pedagang sudah diminta aktif untuk memberikan informasi pada petugas apabila menemukan kondisi dimana terjadi gangguan distribusi sampai menyebabkan kelangkaan barang dan kenaikan harga. (Mam)

BERITA REKOMENDASI