Pelaku Usaha Mikro Kecil Didorong Miliki Izin

KLATEN, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten mendorong pelaku usaha mikro kecil untuk melengkapi legalitas sebuah usaha. Izin usaha sangat penting guna keberlangsungan dan perkembangan sebuah usaha.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Klaten, Agus Suprapto, dalam acara ngobrol peluang investasi dan izin usaha di kawasan Car Free Day (CFD) Jalan Pemuda Klaten, Minggu (22/12/2019), mengatakan, pemerintah memberikan kemudahan kepada pelaku usaha mikro kecil dalam mengurus proses perizinan usaha.

"Ngurus izin usaha tidak dipungut biaya alias gratis. Prosesnya juga mudah dan cepat. Misalnya jika melalui online saat jaringan bagus tak sampai satu jam sudah selesai. Kegiatan ini sekaligus memberikan sosialisasi kepada pelaku usaha mikro kecil yang berjualan di CFD," ujarnya. 

Kepala Bidang Perizinan dan Pengaduan, DPM-PTSP, Joko Krismanto, menambahkan, tujuan kegiatan yakni untuk memberikan pengertian kepada pelaku usaha mikro kecil mengenai cara mengurus izin usaha. Ada sebanyak 100-an pelaku usaha mikro kecil yang hadir. Disebut usaha mikro kecil yakni aset kurang dari Rp 50 juta dan omset dalam satu tahun kurang dari Rp 300 juta. Izin usaha mikro kecil di Klaten ada hampir 40 ribu, prosentase yang sudah punya izin ini sekitar 50%. 

"Syarat memperoleh izin usaha untuk mikro kecil lebih mudah yakni hanya dengan KTP dan membuat email. Izin usaha itu produk hukum artinya punya legalitas hukum. Sehingga pelaku usaha yang sudah mempunyai izin tentu saja disamping berguna untuk kepentingan permodalan juga punya hak mendapat perlindungan dari pemerintah," ujarnya.(Lia) 

BERITA REKOMENDASI