Pelayanan Adminduk Malah Meningkat Selama Pandemi Covid-19

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Permintaan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sukoharjo selama pandemi virus corona mengalami peningkatan. Hal tersebut terjadi karena tingginya kebutuhan masyarakat memenuhi syarat diberbagai bidang. Permintaan paling tinggi pada perekaman dan pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispendukcapil Sukoharjo Sukito, Kamis (17/9), mengatakan, permintaan pelayanan adminduk di kantor Dispendukcapil Sukoharjo ditengah pandemi virus corona mengalami peningkatan. Bahkan kondisi tersebut sebelumnya sempat menyebabkan antrean panjang. Petugas terpaksa bertindak tegas dengan meminta masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona. Antrean dibatasi oleh petugas di kantor Dispendukcapil Sukoharjo dan meminta masyarakat menunggu ditempat yang disediakan di pandapa Graha Satya Praja (GSP) Pemkab Sukoharjo.

Total ada 13 pelayanan Adminduk dilayani Dispendukcapil Sukoharjo pada masyarakat. Permintaan tertinggi diminta masyarakat terkait pelayanan perekaman dan pencetakan KTP-el. Sebanyak 13 pelayanan Adminduk tersebut seperti, perekaman KTP-el, pencetakan KTP-el, penerbitan Kartu Keluarga (KK), penerbitan biodata, surat pindah, surat kedatangan, penerbitan akta kelahiran, penerbitan akta kematian, penerbitan akta perkawinan, pernerbitan akta perceraian dan lainnya.

BERITA REKOMENDASI