Pelayanan Perizinan di Sukoharjo Berganti Online

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pelayanan terhadap 80 item perizinan di Sukoharjo mulai tahun 2018 mendatang dilakukan secara online. Persiapan dilakukan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sukoharjo selesai sampai akhir 2017. Bentuknya yakni berupa pelatihan terhadap petugas maupun melengkapi seluruh peralatan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sukoharjo Agustinus Setiyono, Jumat (08/12/2017) mengatakan, persiapan jauh hari sudah dilakukan sejak tahun 2017 ini. Sistem online diterapkan sebagai bentuk peningkatan pelayanan perizinan terhadap masyarakat. Sebab dengan perubahan tersebut diharapkan menjadi lebih mudah.

Pelayanan perizinan yang akan diterapkan oleh Pemkab Sukoharjo merupakan terbanyak di wilayah Solo Raya. Di beberapa daerah lain baru menerapkan beberapa item maksimal lima jenis pelayanan online.

“Pelayanan perizinan di Sukoharjo pada tahun 2018 akan diterapkan secara online. Tidak lagi manual dan sekarang masih dilakukan persiapan dan diharapkan selesai sampai akhir 2017 ini,” ujar Agustinus Setiyono.

Persiapan cukup lama dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sukoharjo mengingat ada banyak jenis pelayanan online yang akan diterapkan. Total 80 item merupakan terbanyak di wilayah Solo Raya.

Bentuk perubahan pelayanan perizinan online dibandingkan manual sangat terlihat pada sistem. Apabila sebelumnya pemohon harus datang langsung ke kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sukoharjo, maka nanti cukup membuka situs internet sesuai dengan alamat yang dikeluarkan.

Perubahan sistem pelayanan perizinan mendapatkan dukungan dari semua pihak. Termasuk para investor yang sudah menyatakan dukungannya kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sukoharjo. (Mam)

BERITA REKOMENDASI