Pembangunan Dua Pasar Tradisional Selesai

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pembangunan Pasar Glondongan, Polokarto dan Pasar Bulu di Kecamatan Bulu selesai dibangun. Pedagang di dua pasar tradisional resmi menempati kios dan los yang disediakan untuk berdagang.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Sukoharjo Sutarmo Sabtu (23/12/2017) mengatakan, Pasar Glondongan, Polokarto selesai dibangun sesuai jadwal pada 24 November lalu. Pembangunan berjalan dengan lancar dan dapat diselesaikan tepat waktu.

Pasar Glondongan dibangun memiliki kios sebanyak 47 unit dan los 78 unit. Seluruh bangunan kios dan los nantinya akan ditempati pedagang.

Setelah pasar selesai dibangun Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Sukoharjo langsung melakukan persiapan penyerahan kunci dan penggunaan bangunan untuk pedagang. Penempatan sendiri akhirnya bisa terlaksana pada Jumat (22/12) dengan digelarnya kegiatan penyerahan kunci pada pedagang.

“Pembangunan pasar sudah selesai dan bisa digunakan para pedagang. Masing masing pedagang sudah mendapatkan kunci dan dapat memakai tempat untuk berdagang,” ujar Sutarmo.

Pedagang setelah mendapatkan tempat berdagang baik kios dan los maka wajib menempati. Petugas bersikap tegas agar bangunan yang sudah selesai dibangun tidak kosong dan mangkrak. “Pedagang wajib bayar biaya pemindahan hak yaitu pedagang lama pemilik kios sebesar Rp 2.200.000 dan los Rp 800.000,” lanjutnya.

Pembayaran tersebut dilakukan pedagang sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 25 Tahun 2015 tentang Tarif Retribusi. Aturan tersebut juga telah disosialisasikan petugas kepada seluruh pedagang.

Pemkab Sukoharjo membangun Pasar Glondongan, Polokarto dengan nilai kontrak Rp 2.403.270.000. Rekanan pelaksana pembangunan yakni PT Ramelan Kurnia Sejati dikerjakan mulai 24 Juli sampai 24 November.

“Jumlah kios dan los di Pasar Glondongan, Polokarto yang baru sama dengan lama. Artinya tidak ada penambahan atau pengurangan dan seluruh pedagang sudah memiliki tempat berdagang,” lanjutnya.

Sementara, pembangunan Pasar Bulu di Kecamatan Bulu juga sudah selesai. Pagu anggaran pembangunan sebesar Rp 1.061.252.000 sedangkan hasil lelang sebesar Rp 823.742.000. Lelang dimenangkan oleh CV Bandung Bondowoso.

Pedagang juga telah menempati kios dan los di Pasar Bulu yang telah selesa dibangun. “Pedagang di Pasar Bulu juga kami minta menempati kios dan los. Termasuk membayar retribusi,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI