Pembangunan Flyover Purwosari, Pengalihan Arus Kendaraan Segera Dilakukan

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo selesai melakukan persiapan penuh pengalihan arus lalu lintas kendaraan dampak dari pembangunan flyover Purwosari, Solo. Persiapan dilakukan dengan pemasangan rambu informasi dan barier atau pembatas jalan disejumlah wilayah. Penempatan petugas jaga juga dilakukan untuk membantu pengaturan sebagai antisipasi kemacetan.

Kabid Lalu Lintas Dishub Sukoharjo Ahmad Saryono, Senin (3/2/2020) mengatakan, persiapan penuh pengalihan arus lalu lintas kendaraan sudah dilakukan Dishub Sukoharjo dengan instasi lain seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dan Satlantas Polres Sukoharjo. Petugas sudah melakukan pemetaan wilayah yang akan dilintasi kendaraan selama pengalihan arus.

Dalam pemetaan petugas mendata titik mana saja yang membutuhkan penempatan rambu informasi, barier atau pembatas jalan dan petugas jaga. Hasilnya telah diketahui dan dilakukan pemasangan sejak beberapa hari lalu.

Persiapan juga dilakukan Dishub Sukoharjo dengan mewaspadai tujuh titik rawan terjadi penumpukan kendaraan hingga menyebabkan kemacetan. Titik tersebut yakni, Tugu Lilin Makamhaji, Kartasura, Simpang Tiga Kadilangu, Baki, Simpang Dlopo, Baki, Simpang Tanjunganom, Grogol, Simpang Pandawa, Solo Baru, Grogol, Simpang Polsek Baki dan Simpang depan SAS FM Grogol.

“Pemasangan rambu informasi dan pembatas jalan sudah selesai dilakukan. Dishub Sukoharjo juga telah menempatkan petugas jaga disejumlah titik sebagai persiapan pengalihan arus lalu lintas kendaraan selama pembangunan Flyover Purwosari, Solo,” ujarnya.

Dishub Sukoharjo mendapat informasi soal penutupan jalur di Purwosari, Solo dilakukan pada 5 Februari nanti. Waktu tersebut bersamaan dengan pelaksanaan dimulainya pembangunan flyover. Disaat itu petugs memperkirakan akan terjadi peningkatan volume kendaraan disejumlah wilayah di Sukoharjo. Wilayah tersebut meliputi Kecamatan Baki, Grogol dan Kartasura.

“Petugas jaga sudah kami tempatkan sejak sekitar tiga hari ini memantau dan mengatur lalu lintas. Salah satu titiknya di pos pantau simpang tiga Kadilangu, Baki,” lanjutnya.

Pemantauan juga dilakukan Dishub Sukoharjo melalui kamera CCTV yang dipasang disejumlah wilayah. Hal itu dilakukan untuk mempermudah petugas melihat kondisi perkembangan arus lalu lintas kendaraan. Apabila terjadi peningkatan volume kendaraan dan rawan mengakibatkan kemacetan maka Dishub Sukoharjo akan mengirim petugas tambahan membantu melakukan pengaturan lalu lintas.

Sebelumnya Dishub Sukoharjo memasang 22 rambu informasi dan dua barier. Pemasangan rambu informasi dilakukan di simpang bahu sebelum simpang Tanjunganom, Grogol, simpang empat RCTI Gentan, Baki dari selatan, sebelum simpang Bale Padi, Baki, Simpang Bulakrejo, Sukoharjo Kota Sebelum Jembatan Bacem, Grogol, sebelah barat pos polisi Bacem, Grogol, sebelum simpang tiga Ngasem, Kartasura, sebelum simpang tugu Kartasura.

Kemudian simpang utara Kopassus, Kartasura, selatan simpang Parangtejo, barat simpang Gembongan, simpang tugu Kartasura arah barat, depan Alfamart Gedangan, Solobaru sektor 10, Grogol, simpang RS Indriyati dari arah timur, simpang Bale Padi, Baki dari utara, Simpang Langenharjo, Grogol dari timur, simpang Langenharjo dan simpang padi dari arah utara. (Mam)

BERITA REKOMENDASI