Pembangunan Gedung Pertemuan Pemkab Sukoharjo Siap Dilaksanakan

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pembangunan gedung pertemuan Pemkab Sukoharjo menggunakan lahan bekas kantor DPRD Sukoharjo dan gedung Budi Sasono siap dilaksanakan. Proses lelang telah selesai dan dimenangkan oleh PT Chimarder 777 dari Semarang dengan nilai kontrak kerja Rp 44,622 miliar dari pagu anggaran Rp 55,088 miliar.

“Tahun 2021 dilakukan pembangunan utama dulu. Sedangkan untuk sarana dan prasarana serta kelengkapan lain dalam pembangunan gedung pertemuan akan dilakukan pada tahapan berikutnya. Kemungkinan lanjut di tahun 2022,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo Bowo Sutopo Dwi Atmojo, Jumat (06/08/2021).

Pemkab Sukoharjo sejak awal sudah sangat serius merealisasikan proyek peningkatan jalan Sugihan-Paluhombo di Kecamatan Bendosari tahun 2020. Kesiapan diberikan dengan penyediaan anggaran sebesar Rp 53 miliar. Namun realisasi pembangunan tidak bisa terlaksana sekarang karena terkendala pandemi virus corona.

Pembangunan tersebut kemudian menjadi prioritas tahun 2021 untuk direalisasikan. Pemkab Sukoharjo hingga akhir tahun 2020 sudah menyelesaikan kewajiban berupa pengadaan tanah. Pembayaran ganti rugi tanah kepada para pemilik juga sudah diselesaikan.

“Sudah selesai dan final jadi tinggal direalisasikan saja pembangunannya di tahun 2021. Sedangkan pembayaran terkait pengadaan tanah pada para pemilik sudah selesai,” ujarnya.

Bowo mengatakan, terkait pembayaran pengadaan tanah untuk pembangunan jalan Sugihan-Paluhombo, Bendosari ada beberapa yang terpaksa dititipkan melalui pengadilan. Sebab DPUPR Sukoharjo belum berhasil menemui ahli waris pemilik tanah.

Pemkab Sukoharjo menganggap penting proyek peningkatan jalan Sugihan-Paluhombo sebagai rintisan pembangunan Jalur Lingkar Timur (JLT). Sebab posisi jalan Sugihan-Paluhombo berada dititik tengah antara proyek JLT tahap pertama dan JLT tahap kedua nanti.

“Satu lagi proyek besar Pemkab Sukoharjo tahun 2021 yakni merealisasikan pembangunan gedung pertemuan menggunakan lahan bekas kantor lama DPRD Sukoharjo. Proyek ini juga sempat tertunda tahun 2020 karena pandemi virus corona,” lanjutnya.(Mam)

BERITA REKOMENDASI