Pembangunan Pasar Cuplik Segera Dimulai

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo akan melaksanakan pembangunan Pasar Cuplik Sukoharjo pada tahun 2022 ini. Persiapan sedang dilakukan setelah kebutuhan anggaran pembangunan telah terpenuhi.

Sosialisasi kepada pedagang juga telah terlaksana. Rencananya pembangunan baru akan dilakukan pada los. Sedangkan kios menyusul tahun berikutnya menunggu tambahan dana.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Iwan Setiyono, Selasa (18/01/2022) mengatakan, pembangunan Pasar Cuplik Sukoharjo sudah lama direncanakan. Kendala dihadapi karena belum terpenuhinya kebutuhan anggaran.

Kondisi ditambah dengan adanya pandemi virus Corona pada 2020 dan 2021 membuat anggaran yang sebelumnya sudah ada terpaksa digunakan untuk pemenuhan penanganan pandemi virus Corona.

“Setelah lama menunggu akhirnya pembangunan Pasar Cuplik Sukoharjo akan dilaksanakan tahun 2022 ini. Anggaran sudah ada,” ujarnya.

Anggaran yang tersedia untuk pembangunan Pasar Cuplik Sukoharjo sekitar Rp 2,6 miliar. Sumber dana berasal dari bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Tersedianya anggaran membuat Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo segera melakukan persiapan pembangunan.

Pembangunan Pasar Cuplik Sukoharjo pada tahun 2022 ini rencananya akan dipusatkan pada los saja. Ada sekitar 215 los jadi sasaran utama pembangunan. Los disasar lebih dahulu menyesuaikan ketersediaan anggaran pembangunan. Sedangkan pembangunan kios menyusul pada tahun berikutnya menunggu adanya tambahan dana.

Meski proses pembangunan dilakukan secara bertahap, Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo tetap meminta pada pedagang untuk tenang. Sebab dibutuhkan dana tidak sedikit untuk membangun pasar tradisional. Terlebih lagi kondisi sekarang masih pandemi virus Corona.

“Pedagang tetap menerima. Mereka senang karena pembangunan pasar sudah lama ditunggu. Sebab kondisi pasar sekarang memang cukup memprihatinkan,” lanjutnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Widodo mengatakan, pembangunan Pasar Cuplik Sukoharjo masuk program prioritas pembangunan Pemkab Sukoharjo tahun 2022. Pemkab Sukoharjo sudah sejak 10 tahun terakhir selalu melaksanakan pembangunan pasar tradisional disemua wilayah di Kabupaten Sukoharjo. (Mam)

BERITA REKOMENDASI