Pembuat Sertifikat Vaksin Palsu Ditangkap Polisi

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Jajaran Sat Reskrim Polres Klaten menangkap dua orang pelaku pembuat sertifikat vaksin palsu. Yakni YNV warga Somoetan Ngering Jogonalan Klaten dan EP warga Prambatan Blimbing Karangnongko Klaten. Polisi juga mengamankan barang bukti berupa 14 kartu sertifikat vaksin Covid-19 palsu, satu unit komputer dan alat pemotong kertas, serta empat buah handphone berbagai merek.

Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo didampingi Kasat Reskrim AKP Andriansyah Rithas Hasibuan dan Kasubag Humas Iptu Abdillah, Rabu (12/08/2021) mengemukakan, kasus itu terungkap berawal pada Jumat tanggal 30 Juli 2021 sekitar pukul 10.00 WIB. Unit Tipiter Sat Reskrim Polres Klaten mendapatkan informasi ada orang yang bisa mencetak kartu sertifikat vaksin Covid-19 walaupun orang tersebut belum pernah vaksin.

Bagi yang membutuhkan bisa memesan pada YNV dengan biaya Rp 70.000 per kartu hanya dengan syarat mengirim foto KTP. Polisi langsung melakukan pelacakan dan berhasil menemukan tersangka YNV.

Tersangka mengakui telah melakukan pembuatan kartu vaksin palsu sebanyak 2 kali. Pertama pada hari Minggu tanggal 23 Juli 2021 dan yang kedua pada Rabu tanggal 28 Juli 2021.

Tersangka YNV bekerjasama dengan tersangka EP. Mereka berbagi tugas, tersangka EP membuat kartu sertifikat vaksin palsu dan mencetak, sedangkan tersangka YNV berperan mencari pemesan lewat medsos. Selanjutnya data pemesan diserahkan kepada tersangka EP untuk dibuat dan dicetak.

“Tersangka dijerat pasal 263 ayat 1 KUHP, dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama enam tahun,” tegasnya. (Sit)

BERITA REKOMENDASI