Pembukaan Tol, Jalur Mudik Kartasura Tambah Padat

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Jalur mudik di wilayah Kecamatan Kartasura kemungkinan menjadi terpadat di Sukoharjo pada lebaran tahun ini. Hal tersebut merupakan dampak dari dibukanya Tol Solo – Kertosono dan Solo – Semarang. 

Akibat dari kondisi tersebut tidak hanya kemacetan kendaraan namun juga berpengaruh pada beban jalan yang menyebabkan kerusakan. Petugas gabungan dari Sukoharjo sudah melakukan persiapan demi kelancaran pemudik.

Kepala Dinas Perhubungan Sukoharjo Djoko Indrianto, Minggu (11/06/2017) mengatakan, ada kemungkinan potensi peningkatan kepadatan kendaraan saat mudik lebaran di wilayah Kartasura. Sebab akses kendaraan menuju ke Tol Semarang – Solo dan Solo – Kertosono melintasi wilayah Kartasura. 

Bahkan, kata Djoko dalam koordinasi petugas lintas daerah yang melibatkan Kota Solo – Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo diketahui adanya potensi tersebut.

"Dinas Perhubungan Sukoharjo menyiapkan petugas jaga bersama tim gabungan. Diharapkan kehadiran petugas bisa membantu pengaturan lalu lintas dan menghindari kemacetan. Seperti di perempatan dan bundaran Kartasura menjadi titik paling rawan kepadatan kendaraan. Disana petugas dari tim gabungan akan ditempatkan,” ujar Djoko Indrianto.

Djoko mengatakan, seperti di Jalan A Yani dan Jalan Adi Soemarmo yang jadi pintu masuk dan keluar Kartasura ke wilayah lain termasuk ke jalur tol. Tidak hanya bus, peningkatan kendaraan khususnya mobil pribadi juga diprediksi bakal terjadi. (Mam)

BERITA REKOMENDASI