Pemeriksaan Diperketat, 8.207 Orang Pemudik Pulang Kampung ke Sukoharjo

Pengetatan pengawasan juga dilakukan Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Virus Corona Pemkab Sukoharjo dengan melibatkan RT/RW. Masing masing pengurus RT/RW akan melakukan pendataan terhadap pemudik dan pendatang di wilayahnya. Data ini nanti akan diteruskan pihak RT/RW ke Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Virus Corona Pemkab Sukoharjo.

Usai didata para pemudik wajib menjalankan prosedur pencegahan penyebaran virus corona dengan melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Pemudik yang mengalami gejala sakit bisa memeriksaan diri ke Puskemas dan jika memang ada indikasi virus corona bisa dirujuk ke rumah sakit.

“Pengurus RT/RW dan masyarakat punya peran penting membantu pengawasan lingkungan khususnya terhadap kedatangan pemudik,” ujarnya.

Kedatangan pemudik tetap disiapkan Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Virus Corona Pemkab Sukoharjo meski sebelumnya sudah gencar dilakukan sosialisasi agar perantau tidak mudik lebih dahulu. Larangan diberlakukan sebagai bentuk menjalankan himbauan pemerintah pusat melakukan pencegahan penyebaran virus corona.

“Bentuk pencegahan penyebaran virus corona juga harus dilakukan warga masyarakat dengan menjaga kesehatan seperti mencuci tangan memakai sabun dan tetap berada di rumah serta membatasi aktivitas diluar,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI