Pemerintah Diminta Segera Operasi Pasar Gula Pasir

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Harga gula pasir di Sukoharjo terus mengalami kenaikan hingga sekarang dijual Rp 17 ribu per kilogram. Penyebabnya karena stok barang di pedagang sangat minim.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Sutarmo, Sabtu (21/03/2020) mengatakan, harga gula pasir terus mengalami kenaikan sejak satu bulan kemarin. Gula pasir yang sebelumnya hanya dijual Rp 11 ribu per kilogram terus mengalami kenaikan menjadi Rp 12 ribu per kilogram, kemudian naik lagi menjadi Rp 14 ribu per kilogram dan terakhir sekarang Rp 17 ribu per kilogram.

Kenaikan harga gula pasir membuat Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo menurunkan petugas untuk memantau kondisi dipasaran. Hasilnya diketahui penyebab masalah karena stok barang minim.

“Stok gula pasir dipasaran sangat minim dan itu terjadi tidak hanya di Sukoharjo saja, namun juga daerah lain. Akibatnya harga mengalami kenaikan tinggi hingga sekarang Rp 17 ribu per kilogram,” ujarnya.

Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo terkait kondisi ini akan meminta bantuan pada pemerintah pusat. Permintaan dilakukan untuk menambah stok gula pasir dipasaran.

Operasi pasar sangat diperlukan untuk menambah stok barang dan menekan harga secepatnya. Sutarmo mengatakan tinggal beberapa bulan kedepan sudah memasuki bulan Puasa Ramadan dan Lebaran.

Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo khawatir apabila masalah tidak segera teratasi maka akan menambah parah terjadinya kelangkaan barang dan kenaikan harga gula pasir.

“Prioritas utama operasi pasar dan selanjutnya pemerintah pusat kami minta menambah stok gula pasir di pasar,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI