Pemilih di Rembang Terancam Tak Dapat Hak Suara

REMBANG, KRJOGJA.com – Ribuan pemilih yang memiliki hak suara akan tercoret dari daftar pemilih dalam pencoblosan Pemilihan Gubernur/Wakil tahun ini karena dasar yang digunakan KPU adalah KTP Elektronik ( E-KTP) atau penduduk yang memiliki hak suara minimal sudah melakukan perekaman data di masing-masing Kecamatan.

Data yang dihimpun KRJOGJA.com dari Sekretariat KPU Rembang, Jl Pemuda, Kamis kemarin menyebutkan, dalam Daftar Pemilih Sementara ( DPS) yang sudah ditetapkan melalui sidang pleno KPU terdapat 12.376 pemilih yang belum memiliki KTP Elektronik dengan berbagai alasan.  Dari jumlah pemilih yang sudah diumumkan di DPS  tersebut,dipastikan jumlah pemilih yang akan tercoret mencapai ribuan. Hal itu dikarenakan masih ribuan warga dewasa di Kabupaten Rembang yang belum memiliki E-KTP atau perekaman data sekalipun di masing-masing kantor wilayah Kecamatan dimana tinggal.

Ketua KPU Kabupaten Rembang Minannus Suud menjelaskan, sebelum memperoleh angka DPS ( daftar pemilih sementara) pihaknya sudaj menerjunkan relawan ( petuas) sebanyak 3.000 personil untuk melakukan coklit (pencocokan dan penelitian). 

"Total terdapat 482.511 pemilih di Kabupaten Rembang yang tercatat dalam DPS Pilgub tahun ini. bagi warga yang memiliki hak pilih tetapi tidak tercantum dimohon melakukan pendaftaran di PPK masing-masing atau langsung ke kantor KPU Rembang," kilah Suud. (Ags)       

BERITA REKOMENDASI