Pemilih Diminta Aktif Cermati DPS Pilgub

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Panwaskab Sukoharjo meminta kepada masyarakat untuk aktif melihat dan mencermati data dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilgub Jawa Tengah 2018. Hal itu penting mengingat masih banyak catatan kesalahan yang perlu diperbaiki sebelum ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Ketua Panwaskab Sukoharjo Bambang Muryanto mengatakan, ada sejumlah catatan dari Panwaskab Sukoharjo berkaitan dengan DPS. Seperti hasil temuan ada 116 data dianggap bermasalah, diketahui datanya tidak lengkap sesuai dengan ketentuan.

Panwaskab Sukoharjo meminta agar data tersebut harus segera diperbaiki secepatnya. Hasil temuan lain yakni ada 9.874 orang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). selain itu ada 8.911 orang sesuai hasil pencermatan petugas diketahui memiliki identitas ganda.

“Kami sudah rapat bersama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo berkaitan dengan data pemilih ini. Hasilnya disepakati akan dilakukan perbaikan secepatnya. Masyarakat juga kami minta aktif mencermati DPS karena masih ada temuan catatan kesalahan,” ujar Bambang Muryanto di kantornya, Rabu (28/03/2018).

Warga Telukan RT.02/RW.01 Desa Telukan Kecamatan Grogol, Jaka Wibawa mengatakan sampai sekarang dirinya bersama keluarga merasa tidak pernah didatangi petugas untuk melakukan pendataan pemilih Pilgub Jawa Tengah 2018. Selain itu, Jaka Wibawa mengaku di rumahnya juga tidak di pasangi stiker sebagai tanda telah tercatat sebagai pemilih.

“Saya binggung sampai sekarang belum didatangi petugas dan didata sebagai pemilih Pilgub Jawa Tengah 2018. Apakah saya sudah masuk dalam data pemilih atau belum saya tidak tahu,” ujar Jaka Wibawa.

Kepala Dispendukcapil Sukoharjo Sriwati Anita mengatakan, benar sudah ada koordinasi dengan KPU dan Panwaskab Sukoharjo. Beberapa catatan akan segera dilakukan perbaikan.

“Tugas kami berkaitan dengan KTP-el sedangkan perbaikan data ditangani KPU. Soal pencetatan KTP-el kami siap tapi segala datanya harus valid dulu,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI