Pemkab Boyolali Bagikan Alsintan dan Paket Bantuan Pertanian

Editor: KRjogja/Gus

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Adanya pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali, Jawa Tengah tetap memberikan perhatian terhadap kalangan petani. Kepedulian kepada para petani di Kota Susu dilakukan dalam mendukung produksi pertanian. Salah satunya dengan pemberian sejumlah fasilitas pengelolaan pertanian berupa peralatan mesin pertanian (alsintan) seperti terlihat pada Selasa (17/11/2020) pagi, di halaman kantor Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Boyolali diserahkan secara simbolis. Selain alsintan juga diserahkan bantuan bibit tanaman dan beberapa paket bantuan dalam bentuk lain. Bantuan dilakukan secara simbolis melalui kanal media sosial, mengingat masih berada di tengah pandemi Covid-19.

“Hari ini kita lakukan seremonial penyerahan peralatan dan sarana produksi pertanian, namun dengan protokol kesehatan. Untuk menjaga kesehatan masyarakat dari pandemi Covid-19,” ungkap Kepala Dispertan Kabupaten Boyolali, Bambang Jiyanto di sela-sela penyerahan.

Alsintan yang diserahkan masyarakat antara lain ada bibit kopi arabika sebanyak 6.370 batang, cultivator enam unit, kendaraan roda tiga 60 unit, pompa air 40 unit, dam parit dua unit dan hand sprayer 110 unit. Ada pula traktor roda dua sebanyak 16 unit, power threser multiguna mobile sebanyak 12 unit, rehabiliasi jaringan erigasi tersier seluar 500 hektar, serta pengembangan jalan pertanian sebanyak 10 unit.

Bantuan tersebut berasal dari berbagai sumber anggaran seperti Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Dana Alokasi Khusus (DAK), serta dari dana bantuan aspirasi anggota DPR.

BERITA REKOMENDASI