Pemkab Boyolali Target Penurunan Kemiskinan

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Pengentasan kemiskinan menjadi salah satu fokus pembangunan di Boyolali. Tahun ini, angka kemiskinan di Boyolali berhasil ditekan sebesar 0,36 persen, namun masih dibawah target per tahun penurunan angka kemiskinan. 

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Boyolali, Nur Khamdani, Senin (30/10/2017) menjelaskan, jumlah penduduk miskin di Boyolali tahun ini sebesar 12,45 persen, hanya turun sedikit saja sebesar 0,36 persen dari angka kemiskinan tahun 2016. Padahal pemerintah menargetkan angka kemiskinan bisa ditekan hingga satu persen per tahun. 

"Masalah pengentasan kemiskinan masih menjadi prioritas pembangunan pada tahun ini dan tahun-tahun berikutnya," terangnya. 

Sebagai upaya untuk meningkatkan koordinasi masalah penanganan kemiskinan, lanjutnya, Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Boyolali pada Jumat (27/10) pekan lalu, resmi mensosialisasikan dan meluncurkan program e-Reporting Sekretariat. Dengan program ini, nantinya konektivitas dan kerja sama antar organisasi perangkat daerah (OPD) yang mengampu atau menangani program pengentasan kemiskinan bisa lebih sinkron. Semua program, kegiatan, dan anggaran bisa terpantau dan terlaporkan dengan rapi dan terukur. 

Dalam peluncuran program tersebut, Wakil Bupati Boyolali, Said Hidayat mengatakan, untuk mencapai target menekan angka kemiskinan, diperlukan penguatan kelembagaan serta komitmen dan kerjasama semua pihak dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Gal)

BERITA REKOMENDASI