Pemkab dan Dewan Berharap Uji Coba PTM Berhasil

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab dan DPRD Sukoharjo meminta pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan khususnya sekolah yang ditunjuk sebagai lokasi uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) agar tidak menyepelekan pentingnya memakai masker serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat. PTM tersebut menjadi kunci dan sangat ditunggu keberhasilannya oleh pihak sekolah lain agar bisa ikut menerapkan PTM.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan kepala sekolah bertanggungjawab penuh atas kepatuhan protokol kesehatan dan kelancaran uji coba PTM di sekolah. Dalam uji coba tersebut dilaksanakan tidak banyak melibatkan sekolah.

Hanya ada empat sekolah yang ditunjuk dan satu diantaranya menjadi kewenangan Pemkab Sukoharjo, sedangkan tiga sekolah lagi sepenuhnya ditangani pemerintah provinsi Jawa Tengah. Empat sekolah yang ditunjuk di Sukoharjo sebagai tahap awal memulai uji coba PTM ditengah pandemi virus Corona yakni SMPN 1 Sukoharjo, SMAN 1 Sukoharjo, SMKN 1 Sukoharjo dan MAN 1 Sukoharjo. Persiapan sudah dilakukan keempat sekolah tersebut.

“Empat sekolah ini dan khususnya satu sekolah yakni SMPN 1 Sukoharjo akan menjadi cerminan keberhasilan uji coba PTM. Jangan sepelekan pentingnya memakai masker dan tetap patuhi protokol kesehatan secara ketat,” tegas Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Sabtu (03/04/2021).

Pemkab Sukoharjo meminta pada pihak terkait baik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan Kabupaten termasuk Satuan Polisi Pamong Praja Sukoharjo ikut membantu melakukan pengawasan uji coba PTM di empat sekolah. Hal itu untuk memastikan protokol kesehatan tetap diterapkan baik guru dan siswa saat uji coba PTM.

Ketua DPRD Sukoharjo Wawan Pribadi mengatakan, mendukung langkah Pemkab Sukoharjo dalam pelaksanaan uji coba PTM di empat sekolah. Khususnya di SMPN 1 Sukoharjo uji coba PTM harus berhasil karena menjadi kewenangan Pemkab Sukoharjo.

“SMPN 1 Sukoharjo sedang disorot sekolah lain di Kabupaten Sukoharjo. Kami harap uji coba PTM berhasil agar sekolah lain juga bisa segera melaksanakan PTM,” ujarnya.

Wawan menegaskan, keberhasilan uji coba PTM tidak hanya dilihat saat pembelajaran saja. Namun ada indikator yang harus dipenuhi sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat. Hal itu seperti tingkat kepatuhan penerapan protokol kesehatan salah satunya memakai masker, selain itu indikator lain yakni dilihat setelah uji coba PTM dilaksanakan apakah ada penyebaran kasus virus Corona atau tidak. (Mam)

BERITA REKOMENDASI