Pemkab Jamin Perbaikan Infrastruktur

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Kerusakan infrastruktur yang menjadi tanggungjawab Pemkab Sukoharjo maka dijamin akan segera diperbaiki. Perbaikan secepatnya juga harus dilakukan terhadap kerusakan yang jadi kewenangan pihak lain seperti pemerintah pusat, provinsi maupun Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS).

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Minggu (20/11/2016) mengatakan, sudah menerima informasi adanya kerusakan infrastruktur disejumlah wilayah baik talud dan tanggul. Khusus yang menjadi kewenangan dari Pemkab Sukoharjo dijamin diperbaiki secepatnya.

“Kalau itu tanggungjawab kami maka secepatnya diperbaiki seperti jalan. Tapi kalai itu kewenangan pihak lain seperti BBWSBS pada kerusakan tanggul dan talud di Sungai Bengawan Solo maka kami juga meminta mereka kerja cepat melakukan perbaikan. Semua demi rakyat jadi pelayanan harus cepat,” ujar Wardoyo Wijaya.

Untuk infrastruktur jalan bupati mengatakan, sudah hampir 100 persen jalan di Kabupaten Sukoharjo selesai diperbaikan. Perbaikan dilakukan baik menggunakan aspal maupun cor beton.

“Kalaupun ada jalan yang masih rusak akan diperbaikan pada tahap berikutnya. Apalagi di desa sekarang sudah dapat bantuan banyak melalui dana desa,” lanjutnya.

Kerusakan pada tanggul dan talud di Sungai Bengawan Solo kondisinya sudah semakin parah. Bupati meminta agar masyarakat ikut mengawasi kinerja BBWSBS. Sebab apabila tidak secepatnya diperbaiki maka dikhawatirkan kondisinya semakin parah.

Kerusakan seperti terlihat di wilayah Kecamatan Grogol dan Mojolaban. Kondisi cuaca yang sering turun hujan dan mengakibatkan debit air naik signifikan dikhawatirkan berdampak lebih buruk. Tidak hanya longsor namun juga menjadi penyebab banjir ke pemukiman warga.

Khusus untuk infrastruktur bupati mengaku sudah meminta kepada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) termasuk kepala desa, lurah dan camat untuk aktif. Mereka tidak sekedar menerima laporan saja melainkan juga terjun ke lapangan melakukan pengecekan kondisi bangunan. (Mam)

BERITA REKOMENDASI