Pemkab Klaten Berhasil Sertifikatkan 592 Aset Bidang Tanah

 

KLATEN, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten Klaten telah berhasil menyertifikatkan sebanyak 592 bidang tanah aset milik daerah. Jumlah ini hampir mencapai 100 persen dari total sekitar 600 bidang tanah.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani S.M melalui Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), Muh. Himawan SSTP, MM, Jumat (12/11/21) mengemukakan, keberhasilan Pemkab Klaten dalam perolehan WTP merupakan perjuangan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah berkreasi, diantaranya dalam pengelolaan aset.

Dijelaskan Himawan, pengelolaan aset ini mencakup beberapa hal yang sangat urgent, antara lain dalam hal pensertifikatan tanah. Pemkab Klaten berusaha maksimal untuk menyertifikatkan aset-aset daerah, dan selalu konsultasi dengan BPN. Hasilnya, kini hampir 100 persen aset bidang tanah telah bersertifikat.

Namun demikian, kata Himawan, ada tambahan lagi yakni program persertifikatan ruas jalan, yang jumlahnya sangat besar. Sesuai aturan, semua ruas jalan di Kabupaten Klaten harus disertifikatkan. Selain itu, juga ruas jalan di 10 kelurahan. Hal ini terus dilakukan, dan mendapat respon positif dari BPN, serta ditargetkan akan selesai pada tahun 2023.

“Total aset Pemkab Klaten sebanyak 2.028 aset. Dari jumlah tersebut yang terbesar adalah aset jalan. Kalau aset bidang tanah sekitar 600 an bidang dan sudah sertifikat sebanyak 592, hampir 100 persen. Target tahun 2021 semua bidang tanah non jalan tersertifikatkan. Perkembangan regulasi, kita ada tambahan lagi yakni menyertifikatkan seluruh ruas jalan Kabupaten se Kabupaten Klaten dan ruas jalan lingkungan yang ada di seluruh kelurahan. Jadi nanti seperti jalan-jalan RW itu harus disertifikatkan. Kalau jalan kabupaten nanti leadingnya DPU, dan untuk ruas jalan lingkungan di 10 kelurahan pada Disperwaskim,” kata Himawan. (Sit)

 

BERITA REKOMENDASI