Pemkab Klaten Tingkatkan Infrastruktur Wilayah Lereng Merapi

Editor: Ary B Prass

 

KLATEN, KRJOGJA.com – Pemkab Klaten terus berupaya meningkatkan infrakstruktur di kawasan lereng Gunung Merapi. Diantaranya jalur evakuasi Desa Tegalmulyo dan Tlogowatu, Kecamatan Kemalang, kini sudah mulus dengan beton cor.

Kasi Pemanfaatan dan Pemeliharaan Jalan Jembatan di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Klaten, Agus Setyana, Jumat (12/11/2021) mengemukakan, pembangunan jalan sepanjang 5,2 km tersebut dimulai Pebruari hingga Agustus 2021. Adapun pagu anggaran sebesar Rp 14 miliar, dengan nilai kontrak Rp 11,6 miliar.

“Dari 5,2 km tersebut ruas bawah sepanjang 3,1 km dengan konstruksi beton cor, dan sisanya yang diatas hingga Perhutani sepanjang 2,1 km dengan aspal biasa. Jalan tersebut merupakan jalan kabupaten,” kata Agus Setyana.

Lebih lanjut dijelaskan, untuk peningkatan jalan di Tlogowatu dan Tegalmulyo tersebut menggunakan konstruksi beton cor, dikarenakan selain sebagai jalur evakuasi juga sebagai jalur angkutan galian C, sehingga memerlukan konstruksi jalan yang kuat. “ Jika tidak dengan konstruksi yang kuat, akhirnya nanti satu tahun kan sudah rusak. Nanti pemeliharaan baru berapa minggu sudah rusak lagi, maka konstruksi dibuat yang kuat,” jelas Agus Setyana.

 

BERITA REKOMENDASI