Pemkab Minta Masyarakat Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sosialisasi new normal dilakukan Pemkab Sukoharjo bersama Polres dan Kodim 0726 ke masyarakat. Petugas turun langsung kesejumlah pusat keramaian seperti pasar tradisional untuk bertemu dan melihat langsung proses aktivitas masyarakat berjalan kembali dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Penerapan protokol kesehatan sangat penting mengingat jumlah kasus positif virus corona di Sukoharjo sangat tinggi mencapai 69 orang.

Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas, Jumat (29/05/2020) mengatakan, Polres Sukoharjo bersama petugas terkait lain seperti Kodim 0726 dan sejumlah perangkat daerah dari Pemkab Sukoharjo sudah turun ke masyarakat melihat aktivitas mereka salah satunya di pasar tradisional. Pada kesempatan tersebut Polres Sukoharjo melakukan sosialisasi new normal sesuai kebijakan dari pemerintah pusat.

New normal gencar disosialisasikan pemerintah pusat diteruskan ke masyarakat di Sukoharjo. Petugas melihat secara langsung dari dekat perekonomian kembali bergerak. Hal itu dilihat dengan kembali normalnya aktivitas di pasar tradisional.

Pergerakan tersebut ditegaskan Kapolres harus diimbangi dengan penerapan protokol kesehatan sebagai benteng pencegahan penyebaran virus corona. Petugas saat turun lapangan melakukan sosialisasi juga melihat kepatuhan masyarakat melaksanakan protokol kesehatan.

“Sosialisasi new normal kami lakukan dengan melihat aktivitas masyarakat di pasar tradisional dan pusat perbelanjaan modern. Ditengah aktivitas normal saat masih pandemi virus corona harus diimbangi dengan penerapan protokol kesehatan,” ujarnya.

Penerapan protokol kesehatan dijelaskan Kapolres seperti menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan lainnya. Sebagian masyarakat sudah menerapkannya. Namun sebagian lagi masih tidak patuh pada aturan setelah petugas menemukan pelanggaran sejumlah warga tidak memakai masker saat berada diluar rumah.

Salah satu bentuk pengawasan petugas berupa pengecekan suhu tubuh warga yang keluar masuk sektor perekonomian baik di pasar tradisional dan pusat perbelanjaan modern. Pengecekan ini sangat penting untuk melihat kondisi warga yang akan bertemu dengan orang lain di pusat keramaian.

“Sektor usaha lain penunjang perekonomian juga kami sasar dalam menghadapi new normal. Harapannya semua lini secara bertahap nanti akan normal kembali,” lanjutnya.

Komandan Kodim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa mengatakan, Kodim 0726 Sukoharjo turun ke masyarakat melakukan sosialisasi new normal. Masyarakat perlu mendapatkan pendampingan saat beraktivitas kembali ditengah pandemi virus corona untuk menggerakan sektor ekonomi. (Mam)

BERITA REKOMENDASI