Pemkab Pantau ASN Selama Lebaran

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo akan meminta laporan data pada masing masing pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait kepatuhan kebijakan pemerintah pusat melarang mudik Lebaran. Salah satu yang dilarang yakni Aparatur Sipil Negara (ASN). Larangan diberlakukan sebagai pencegahan penyebaran virus Corona ditengah libur Lebaran.

“Tetap nanti masing masing pimpinan OPD akan dimintai laporan terkait kebijakan pemerintah pusat larangan mudik Lebaran. ASN termasuk yang dilarang mudik sebagai pencegahan penyebaran virus Corona. Apabila melanggar maka pemerintah pusat sudah menyiapkan sanksi,” ujar Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Budi Santoso, Sabtu (15/05/2021).

Pemkab Sukoharjo selama libur Lebaran tetap memantau aktivitas ASN melalui masing-masing pimpinan OPD. Aktivitas mudik Lebaran pergi keluar daerah belum ditemukan. Laporan yang masuk dikatakan Budi Santoso kepatuhan ASN Sukoharjo tinggi.

“Sementara belum ada temuan pelanggaran. Kalau hanya ASN Sukoharjo pergi ke wilayah Solo Raya memang ada. Itu juga sudah seizin dan sepengetahuan pimpinan OPD karena keperluan keluarga atau hal lain. Mereka juga sudah diminta mematuhi protokol kesehatan,” lanjutnya.

Budi Santoso mengatakan, Pemkab Sukoharjo sudah menindaklanjuti kebijakan pemerintah pusat terkait larangan mudik Lebaran bagi masyarakat dan termasuk berlaku ASN. Tindak lanjut dilakukan Pemkab Sukoharjo dengan mengeluarkan SE. Semua ASN dan pegawai di Pemkab Sukoharjo dipastikan sudah mengetahui adanya informasi tersebut.

Dalam SE Pemkab Sukoharjo melarang ASN melakukan perjalanan mudik Lebaran. Masing masing pimpinan OPD diminta meneruskan informasi dan melakukan pengawasan kepada semua pegawainya. Kontrol ketat dilakukan demi menghindari terjadinya pelanggaran sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus corona di Kabupaten Sukoharjo.

Pemkab Sukoharjo juga meminta kepada beberapa OPD membantu melakukan pengawasan terkait kebijakan pemerintah tersebut untuk diterapkan pada ASN. OPD tersebut seperti Inspektorat, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan dan Satuan Polisi Pamong Praja. (Mam)

BERITA REKOMENDASI