Pemkab Sukoharjo Bakal Kelola Benda Peninggalan Purbakala

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Dua jenis benda peninggalan purbakala yang ditemukan di Dukuh Sraten, Desa Pucangan, Kecamatan Kartasura dipastikan tidak saling terkait. Rencananya benda tersebut akan diambilalih pengelolaanya dengan seizin Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah untuk diambil dan disimpan ditempat penyimpanan benda purbakala di lingkungan kampus Universitas Veteran (Univet) Bangun Nusantara.

Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (DPOPK) Sukoharjo Djoko Indrianto, Senin (22/8/2016) mengatakan, pihaknya sudah mengirim petugas dan berkoordinasi dengan BP3 Jawa Tengah untuk melihat dan mengecek benda temuan warga di Sraten, Pucangan, Kartasura. Hasilnya memang dipastikan benda tersebut merupakan peninggalan purbakala.

Dari hasil pengecekan dan penelitian BP3 diketahui ada dua buah benda temuan dipastikan tidak saling terkait. Benda pertama berupa Yoni dan kedua merupakan batu bata berukuran besar.

Benda tersebut juga tidak ada kaitannya dengan Keraton Kartasura meski letaknya cukup berdekatan. Dua benda peninggalan purbakala tersebut sekarang masih terus diteliti oleh BP3 Jawa Tengah.

“Untuk sementara dua jenis benda purbakala itu masih berada ditempat asalnya kali pertama ditemukan di Sraten, Pucangan, Kartasura. Namun kedepan akan diambil dan disimpan di Univet,” ujar Djoko. (Mam)

BERITA REKOMENDASI