Pemkab Sukoharjo Berencana Bangun RTH

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo berencana membangun ruang terbuka hijau (RTH) senilai Rp 2 miliar di lingkungan kantor Sekretariat Daerah (Setda) Sukoharjo. RTH dibangun untuk melengkapi kebutuhan parkir kendaraan dan taman di gedung Setda Sukoharjo terpadu. Pembangunan nantinya akan menggunakan lahan bekas sejumlah kantor dinas lama.

Kabag Umum Pemkab Sukoharjo Feriyanti, Minggu (1/3) mengatakan, selesainya pembangunan dan segera digunakannya gedung Setda Sukoharjo terpadu membuat kebutuhan lahan parkir kendaraan harus disediakan secepatnya. Sebab lahan parkir kendaraan sekarang masih belum memenuhi kebutuhan. Kekurangan lainnya juga terlihat dari kurangnya taman atau RTH.

Pemenuhan kebutuhan tersebut akan dilakukan Pemkab Sukoharjo pada tahun ini dengan berencana membangun RTH senilai Rp 2 miliar. Anggaran sudah tersedia dan siap digunakan untuk merealisasikan RTH.

Pembangunan RTH nantinya akan menggunakan lahan bekas kantor sejumlah dinas. Lahan tersebut nantinya akan kosong setelah dinas yang bersangkutan pindah kantor ke gedung Setda Sukoharjo terpadu.

Bangunan kantor lama akan dirobohkan dan dialihfungsikan menjadi RTH untuk taman dan lahan parkir kendaraan. Pemkab Sukoharjo sudah merencanakan lahan kantor dinas mana yang akan dipakai pembangunan RTH.

“Disekeliling gedung Setda Sukoharjo terpadu nanti akan dibangun RTH senilai Rp 2 miliar. Fungsinya untuk taman dan lahan parkir kendaraan,” ujarnya.

Desain pembangunan RTH telah dimiliki dan diketahui lahan yang akan dipakai cukup luas. Sebab penggunaan lahan memakai bekas sejumlah kantor dinas.

Pemkab Sukoharjo juga sudah mendesai pengaturan lalu lintas kendaraan di dalam lingkungan Pemkab Sukoharjo. Hal itu untuk menghindari terjadinya kesemrarutan parkir dan arus lalu lintas kendaraan.

“Jalur keluar masuk kendaraan dibuat sendiri agar tidak semrawut. Kendaraan bisa mengakses dengan mudah ke gedung Setda Sukoharjo terpadu,” lanjutnya.

Feriyanti menambahkan, pembangunan RTH tetap menunggu selesainya proses pindahan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) ke gedung Setda Sukoharjo terpadu. Rencananya OPD tersebut akan menempati gedung baru pada Maret ini.

“Proses pindahan masih berjalan dan dilakukan sejumlah OPD. Nanti setelah kator OPD kosong baru bisa dilaksanakan pembongkaran dan pembangunan RTH,” lanjutnya. (Mam)

BERITA TERKAIT