Pemkab Sukoharjo Intensifkan Pemeriksaan Hewan Kurban

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemeriksaan terhadap hewan kurban semakin diintensifkan Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo dengan menerjunkan petugas mendatangi pasar hewan dan peternakan sapi dan kambing. Prioritas pemeriksaan dilakukan terhadap kondisi fisik hewan kurban. Selain itu juga sosialisasi mengenai teknis tata cara penyembelihan hewan kurban ditengah pandemi virus corona. dan penerapan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Netty Harjianti, Sabtu (25/07/2020) mengatakan, semakin mendekati Idul Adha maka Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo semakin intensif melakukan pemeriksaan hewan kurban disemua wilayah. Sasarannya tidak hanya di tengah kota saja, melainkan juga di pinggiran desa. Pemerataan dilakukan sebagai bentuk kesiapan hewan kurban layak sembelih saat Idul Adha.

Disisi lain, petugas juga memberikan sosialisasi pada masyarakat khususnya takmir masjid dan warga terkait teknis tata cara penyembelihan hewan kurban ditengah pandemi virus corona dan penerapan protokol kesehatan. “Petugas sudah turun wilayah. Artinya keliling melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban dan sekarang semakin diintensifkan mengingat Idul Adha sudah semakin dekat,” ujarnya.

Salah satu pemeriksaan terhadap hewan kurban sudah dilakukan di salah satu lokasi peternakan sapi di wilayah Desa Mranggen, Kecamatan Polokarto. Pemeriksaan dilakukan khususnya terhadap satu ekor sapi yang dibeli oleh Presiden Joko Widodo sebagai hewan kurban pada Idul Adha tahun ini.

Pemeriksaan terhadap hewan kurban juga dilakukan petugas dengan mendatangi pasar hewan dan pedagang hewan kurban musiman di pinggir jalan. Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo melihat dari dekat kondisi kesehatan hewan kurban apakah berpenyakit atau sehat sehingga layak disembelih saat Idul Adha.

Pemantauan juga dilakukan Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo terkait tempat dan alat yang akan digunakan saat penyembelihan hewan kurban. Petugas telah mendatangi beberapa masjid dan bertemu takmir untuk dilakukan koordinasi.

“Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo bersama intansi terkait salah satunya Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo sudah memberikan sosialisasi ke takmir masjid terkait pelaksanaan Idul Adha termasuk penyembelihan hewan kurban ditengah pandemi virus corona sekarang,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI