Pemkab Sukoharjo Jamin Pelayanan Masyarakat Tetap Jalan

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo memastikan semua pelayanan masyarakat tidak terhenti akibat dampak pandemi virus corona. Pelayanan tetap jalan diberikan dengan menempatkan pegawai secara bergantian maupun online. Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) juga dipastikan tetap bekerja menyesuaikan kondisi baik dilakukan di kantor maupun dari rumah.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Senin (05/10/2020) mengatakan, semua kerja di organisasi perangkat daerah (OPD) termasuk pelayanan pada masyarakat tetap berjalan ditengah pandemi virus corona. Tidak ada yang terhenti dan pegawai tetap kerja meski menggunakan sistem shift atau bergantian. Pelayanan juga dilakukan dengan cara online untuk menghindari tatap muka agar tidak terjadi penularan virus corona.

“Jumlah ASN yang terkonfirmasi positif virus corona memang bertambah. Tapi tidak menganggu kerja pemerintahan. Semua ASN di masing masing OPD tetap bekerja di kantor dengan sistem shift maupun dari rumah. Pelayanan masyarakat juga berjalan termasuk secara online,” ujarnya.

Pemkab Sukoharjo menjamin tidak ada pelayanan pada masyarakat yang terhenti ditengah pandemi virus corona. Sebab pengawasan tetap dilakukan kepada semua ASN. “Meski kerja dari rumah tapi ASN tetap dipantau oleh masing masing pimpinan OPD dan ada pertanggungjawabannya. Termasuk pelayanan pada masyarakat apabila tidak bisa tatap muka maka dikerjakan secara online,” lanjutnya.

Bupati mencontohkan seperti pelayanan online diterapkan di Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sukoharjo. OPD tersebut bahkan sudah lama dan menjadi dinas pertama yang menerapkan pelayanan online dan tandatangan digital.

“Kepala DPMPTSP Sukoharjo sempat positif virus corona, tapi pelayanan masyarakat tidak terganggu dan tetap jalan. Sebab disana sudah lama menerapkan sistem online dan menghindari tatap muka sejak sebelum muncul virus corona,” lanjutnya.

Pelayanan masyarakat juga tetap berjalan normal seperti di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sukoharjo. Bahkan khusus untuk pemohon Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) pemula nanti setelah selesai dicetak akan diantar langsung ke rumah masing masing. (Mam)

BERITA REKOMENDASI