Pemkab Sukoharjo Jamin Penyandang Disabilitas

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo memberikan perlindungan sepenuhnya kepada penyandang disabilitas dengan menjamin semua pemenuhan hak. Hal itu dilakukan untuk memastikan inklusifitas dan kesetaraan. 

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya dalam sambutannya saat membuka kegiatan peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2018 di halaman kantor Dinas Sosial (Dinsos) Sukoharjo, Senin (10/12/2018) mengatakan, tema nasional peringatan HDI yakni, Indonesia Inklusif dan Ramah Disabilitas. 

"Maknanya adalah pemerintah harus memberikan kesempatan yang seluas luasnya kepada saudara saudara penyandang disabilitas, memberikan pemberdayaan penyandang disabilitas untuk memastikan inklusifitas dan kesetaraan dengan mengedepankan program pro rakyat yang bermuatan. kemudahan, kegunaan, kemandirian dan keselamatan." 

Hal ini sesuai dengan amanah Undang Undang Nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Pemkab Sukoharjo menindakalnjuti dengan membuat regulasi yang baru yaitu Peraturan Daerah Kabupaten Sukoharjo Nomor 18 Tahun 2017 tentang Penyandang Disabilitas. 

Dalam upaya pemberdayaan penyandang disabilitas Pemkab Sukoharjo berusaha keras untuk memberikan pemberdayaan, penghormatan, pemajuan, perlindungan dan pemenuhan hak asasi manusia serta kebebasan penyandang disabilitas secara penuh dan setara. Penyandang disabilitas juga mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam mengisi dan menikmati hasil pembangunan yang telah dicapai. 

“Kami berharap kepada semuanya agar tetap konsisten dan terus mengembangkan upaya upaya pemberdayaan kepada penyandang disabilitas. Tanpa dukungan dan kerjasama dari semua pihak maka pemberdayaan penyandang disabilitas tidak akan berjalan dengan baik seperti yang kita harapkan,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI