Pemkab Sukoharjo Lanjutkan Pendidikan Gratis SMP

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo tetap berkomitmen memajukan pendidikan tingkat SMP yang jadi kewenanganya. Salah satunya dengan tetap melaksanakan PPDB online sebagai fasilitas siswa mendapatkan jaminan sekolah baik di negeri maupun swasta. Siswa SMP juga diberikan fasilitas pendidikan gratis karena seluruh biaya ditanggung pemerintah.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Rabu (14/06/2017) mengatakan, pada tahun ajaran baru nanti ada perubahan sistem PPDB dan pembelajarannya. Kewenangan daerah hanya menangani SMP saja, sedangkan SMA/SMK sudah ditangani provinsi. “Khusus untuk SMP Pemkab Sukoharjo tetap berkomitmen memajukan pendidikan yang jadi kewenangan daerah,” ujar Wardoyo Wijaya.

Bentuk usaha memajukan pendidikan SMP dilakukan dimulai dari penyiapan sarana dan prasarana. Termasuk juga persiapan pelaksanaan PPDB online. “Semua sekolah negeri di Sukoharjo punya fasilitas online. PPDB SMP tetap digelar online,” lanjutnya.

Masyarakat dipersilahkan ikut memantau pelaksanaan PPDB online SMP yang rencanannya digelar minggu depan. Apabila ada temuan kendala maka bisa dilaporkan langsung ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Dwi Atmojo Heri mengatakan, benar pendidikan gratis SMP tetap dijalankan pada tahun ajaran baru mendatang. Hal itu dilakukan sebagai bentuk komitmen Pemkab Sukoharjo memajukan siswa SMP. “Kewenangan kami hanya tingkat SMP saja dan SMA/SMK sudah dialihkan penanganannya ke provinsi,” ujarnya.

Total ada 59 sekolah tingkat SMP negeri dan swasta yang akan melaksanakan PPDB online. Rinciannya untuk SMP negeri sebanyak 41 sekolah dan SMP swasta 18 sekolah. Jumlah tersebut masih sama dengan pelaksanaan tahun sebelumnya. “Pelaksanaan PPDB online SMP gratis dan tidak dipungut biaya,” lanjutnya.

Sementara itu Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online tingkat SMP Tahun Pelajaran 2017/2018 dimulai 12-14 Juni. Sedangkan pendaftaran online dilaksanakan 19-21 Juni.

Jadwal PPDB Online SMP di Sukoharjo dimulai dengan verifikasi piagam penghargaan 12-14 Juni, penyerahan hasil verifikasi piagam 15 juni, pendaftaran online 19-21 Juni, pengumuman 22 Juni, daftar ulang 29-30 Juni dan hari pertama masuk sekolah 17 Juli. (Mam)

BERITA REKOMENDASI