Pemkab Sukoharjo Lanjutkan Percepatan Vaksinasi

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Percepatan vaksinasi virus Corona di Kabupaten Sukoharjo masih terus berlanjut. Capaian vaksinasi sesuai target awal sebesar 70 persen telah terpenuhi. Pemkab Sukoharjo sekarang berharap angka capaian bisa 100 persen segera direalisasikan secepatnya.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Sabtu (16/10/2021) mengatakan, secara keseluruhan total sasaran vaksinasi virus Corona di Kabupaten Sukoharjo sebanyak 719.754 orang. Capaian terus mengalami peningkatan seiring pelaksanaan vaksinasi virus Corona yang masih terus berlanjut.

“Percepatan vaksinasi virus Corona masih berlanjut dengan harapan bisa menaikan angka capaian 100 persen. Sebelumnya target 70 persen sudah terpenuhi,” ujarnya.

Masyarakat yang belum mendapat vaksin virus Corona diminta aktif melapor. Disisi lain, Etik Suryani menjelaskan, petugas juga terus melakukan penyisiran sasaran hingga tingkat RT/RW.

Langkah tersebut diharapkan bisa untuk mengetahui data siapa saja sasaran yang belum menerima vaksin virus Corona. Dengan demikian maka petugas bisa segera melaksanakan vaksinasi virus Corona tersebut.

Data per 15 Oktober 2021 diketahui capaian vaksinasi virus Corona di Kabupaten Sukoharjo sudah mencapai 73,69 persen atau 530.419 sasaran untuk dosis pertama dan dosis kedua baru mencapai 29,79 persen atau 214.432 sasaran.

“Vaksinasi virus Corona terus diberikan pada masyarakat meski target sudah terlampaui. Vaksinasi virus Corona sekarang juga menyasar warga tidak harus berasal dari Sukoharjo saja tapi juga luar daerah,” lanjutnya.

Etik Suryani menambahkan, pandemi virus Corona sekarang belum selesai. Status Kabupaten Sukoharjo sendiri masih PPKM Level 2. Masyarakat diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan menggunakan sabun.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo Yunia Wahdiyati tercapainya target vaksinasi virus Corona diharapkan bisa segera menurunkan status level di Kabupaten Sukoharjo dari level 2 ke level 1. Sebelumnya pemerintah pusat menurunkan status level 3 menjadi level 2 Sukoharjo.

Meski sudah turun namu hal tersebut belum sesuai harapan karena Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo berharap bisa turun level 1. Hal tersebut terjadi karena target vaksinasi virus Corona 70 persen sebelumnya belum tercapai.

“Pekan lalu harapannya bisa turun dari level 3 ke level 1 tapi ternyata hanya level 2 karena target vaksinasi virus Corona 70 persen belum tercapai. Tapi pekan ini target vaksinasi virus Corona berhasil dicapai 70 persen. Harapannya Kabupaten Sukoharjo bisa segera turun ke level 1,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI