Pemkab Sukoharjo Lanjutkan Program Subsidi Bunga Pinjaman UMKM

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo kembali melanjutkan program subsidi bunga untuk pinjaman pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Program disediakan untuk membantu pelaku UMKM terdampak pandemi virus Corona. Pada APBD 2021 disediakan anggaran sebesar Rp 6,420 miliar dan di APBD Perubahan 2021 dialokasikan Rp 1,5 miliar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Widodo, Minggu (17/10/2021) mengatakan, Pemkab Sukoharjo masih terus memberikan perhatian besar pada pelaku UMKM terdampak pandemi virus Corona. Salah satu bentuknya yakni dengan melanjutkan program subsidi bunga untuk pinjaman pelaku UMKM. Program tersebut sebelumnya sudah dijalankan sejak awal tahun dengan menyediakan anggaran sebesar Rp 6,420 miliar melalui APBD 2021

Pada pelaksanaan program subsidi bunga untuk pinjaman pelaku UMKM tersebut banyak yang mengikuti. Meski demikian keterserapan anggaran yang disediakan belum bisa 100 persen. Masih ada sisa anggaran karena beberapa kendala program. Kendala dihadapi karena terganjal kerjasama dengan BRI.

Widodo menjelaskan, kendala tersebut dikarenakan BRI masih memiliki banyak program kegiatan berkaitan penyaluran berbagai bantuan termasuk untuk pelaku UMKM. Pemkab Sukoharjo sendiri mendata mayoritas pelaku UMKM di Sukoharjo merupakan nasabah BRI. Namun BRI saat ini belum bisa bekerjasama dalam program pemberian subsidi bunga untuk pinjaman pelaku UMKM.

BERITA REKOMENDASI