Pemkab Sukoharjo Libatkan OPD Terkait Pantau Kesehatan Anak

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRKOGJA.com – Pemkab Sukoharjo libatkan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk mewaspadai penyebaran penyakit hepatitis akut. Sasarannya khususnya pada anak-anak dengan memantau kondisi kesehatan melalui sekolah dan posyandu ditingkat desa dan kelurahan.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Senin (16/05/2022) meminta pada OPD terkait turun saling berkoordinasi memantau kondisi kesehatan anak. Sasarannya anak-anak baik di sekolah dan di lingkungan rumah.

Pemantauan dilakukan dengan melibatkan guru di sekolah. Sedangkan di lingkungan masyarakat dikatakan Bupati Sukoharjo dapat melibatkan Puskesmas hingga kader Posyandu.

Bupati meminta pada masing-masing OPD memastikan kondisi kesehatan anak. Selain itu juga diminta laporannya mengenai perkembangan pemantauan yang dilakukan.

“DKK bisa langsung meminta pada Puskesmas dan tenaga kesehatan memantau kesehatan anak-anak. Sedangkan Disdikbud meminta guru dengan sasaran siswa sekolah,” lanjutnya.

Etik Suryani juga meminta pada masyarakat khususnya orang tua untuk memperhatikan dan memantau kondisi kesehatan anaknya. Apabila ada gejala penyakit maka bisa langsung dilaporkan dan periksakan ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat seperti Puskesmas.

“Pemerintah pusat sendiri sudah meminta pada masyarakat untuk selalu menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Ini juga yang selalu saya tekankan sejak dulu kepada PKK, kader Posyandu dan lainnya untuk menularkan PHBS pada masyarakat,” lanjutnya.

PHBS ditekankan bupati menjadi kunci penting menjauhkan masyarakat dari penyakit. Termasuk hepatitis akut yang sedang merebak disejumlah daerah. (Mam)

BERITA REKOMENDASI