Pemkab Sukoharjo Mulai Vaksinasi Virus Corona Anak Usia 6-11 Tahun

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo melakukan pencanangan vaksinasi virus Corona dengan sasaran anak usia 6-11 tahun. Kegiatan digelar di SDN Gayam 1 Sukoharjo dipimpin langsung Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Selasa (21/12/2021). Total ada 76.270 anak masuk dalam sasaran. Vaksinasi anak nantinya akan dilayani di sekolah, poliklinik, panti sosial dan fasilitas pelayanan kesehatan yang ditunjuk.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo Yunia Wahdiyati mengatakan, Kabupaten Sukoharjo menjadi salah satu daerah yang ditunjuk pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk melaksanakan vaksinasi virus Corona dengan sasaran anak usia 6-11 tahun. Penunjukan tersebut salah satunya dengan mendasarkan hasil capaian vaksinasi virus Corona di Kabupaten Sukoharjo baik untuk masyarakat umum maupun lanjut usia (lansia) diatas target yang telah ditetapkan.

Pelaksanaan vaksinasi virus Corona dengan sasaran anak usia 6-11 tahun diawali dengan dipimpin langsung Bupati Sukoharjo Etik Suryani di SDN Gayam 1 Sukoharjo. Vaksinasi virus Corona nantinya akan dilayani di sekolah, poliklinik, panti sosial, sanggar inklusi dan fasilitas pelayanan kesehatan yang ditunjuk. “Untuk pencanangan vaksinasi virus Corona di SDN Gayam 1 Sukoharjo ada 150 sasaran anak usia 6-11 tahun,” ujarnya.

DKK Sukoharjo berharap setelah pelaksanaan vaksinasi virus Corona akan tercapai kekebalan komunal masyarakat baik orang dewasa maupun anak-anak. Dengan demikian maka anak-anak bisa terhindar dari penularan virus Corona. “Anak-anak ini setelah menerima vaksin virus Corona tetap wajib mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Perlakuannya sama seperti masyarakat umum lainnya,” lanjutnya.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengatakan, saat ini pandemi virus Corona masih berlangsung, Pemkab Sukoharjo menaruh perhatian yang luar biasa kepada perkembangan penyakit dan akibat yang ditimbulkannya. Berbagai upaya sudah dilakukan bersama dalam upaya pengendaliannya, kasus sudah melandai tetapi harus tetap waspada karena saat ini ada ancaman dengan munculnya varian baru yakni varian Omicron yang sudah muncul di Indonesia. Kondisi semacam ini dapat meresahkan masyarakat, mengganggu perekonomian dan aktivitas masyarakat.

Cakupan vaksinasi virus Corona di Kabupaten Sukoharjo sampai dengan 18 Desember 2021 telah mencapai 577.777 orang atau 80,27 persen pada semua kelompok sasaran. Sedangkan pada kelompok usia lanjut telah tervaksinasi sebanyak 70.919 orang atau 70,24 persen. Dengan capaian tersebut maka Kabupaten Sukoharjo telah memenuhi syarat untuk melaksanakan vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun bersama 115 kabupaten/kota se-Indonesia. “Selain itu saya mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Sukoharjo yang belum tervaksin untuk segera mengikuti program vaksinasi,” ujarnya.

Etik Suryani menambahkan, apabila minimal 70 persen penduduk di Kabupaten Sukoharjo telah divaksin akan terbentuk kekebalan secara individu dan dapat membentuk kekebalan kelompok atau herd imunity yang diperlukan untuk memutus rantai penularan virus Corona. (Mam)

BERITA REKOMENDASI