Pemkab Sukoharjo Pantau Kondisi Benda Cagar Budaya

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo akan melakukan pengecekan ulang data benda cagar budaya (BCB) yang tersebar disejumlah wilayah di Kabupaten Sukoharjo. Hal ini penting sebagai bentuk perlindungan BCB sekaligus mencegah perusakan.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Selasa (26/04/2022) mengatakan, BCB sesuai laporan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo yang berada di wilayah Kabupaten Sukoharjo tidak hanya Keraton Kartasura saja. BCB tersebar di sejumlah wilayah dan kondisinya terus dipantau. Bahkan pemantauan semakin diperketat setelah ada kejadian kasus perusakan pagar Keraton Kartasura oleh warga yang akan melakukan pembangunan tempat usaha.

Pemkab Sukoharjo memastikan sudah melakukan pendataan BCB. Data tersebut nantinya akan dicek ulang dengan melihat perkembangan kondisi. Petugas akan mengecek untuk melihat dari dekat sekaligus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat sekitar BCB tersebut berada.

“Dari Disdikbud sudah ada data BCB. Data itu akan dicek lagi dan dicek juga ke lokasi untuk melihat perkembangan kondisi BCB. Kedepan jangan sampai ada perusakan lagi BCB seperti pembongkaran pagar Keraton Kartasura,” ujarnya.

Pemkab Sukoharjo dalam penanganan BCB tidak melakukan sendiri, namun melibatkan pemerintah provinsi dan pusat. Termasuk juga masyarakat untuk membantu merawat dan melestarikannya.

Etik Suryani mengatakan, sudah meminta pada masing-masing camat di 12 kecamatan untuk membantu pemantauan dimana wilayah mereka memiliki BCB. Pihak kecamatan juga diminta melibatkan pemerintah desa.

“Kedepan Disdikbud Sukoharjo bisa saja menerapkan pendidikan dengan meminta sekolah mengajak siswa mendatangi langsung BCB yang ada di wilayah terdekat masing-masing untuk mengenalkan sejarah sekaligus bagian dari pembelajaran pada generasi muda,” lanjutnya.

Kepala Disdikbud Sukoharjo Darno mengatakan, ada beberapa wilayah di Kabupaten Sukoharjo memiliki BCB. Seperti di Kecamatan Kartasura ada Keraton Kartasura, di Kecamatan Grogol ada pesangrahan Langenharjo dan lainnya.

Darno mengatakan, kondisi cagar budaya yang ada di Kabupaten Sukoharjo secara umum dalam kondisi baik meski kurang terawat. Bangunan tua membuat perawatan harus dilakukan secara khusus. Namun demikian keberadaan BCB tetap dilindungi dan tidak boleh dilakukan perusakan.

Disdikbud Sukoharjo juga merangkul tokoh masyarakat dan tokoh budaya untuk membantu melestarikan cagar budaya. Keberadaan para tokoh tersebut sangat penting membantu pemerintah dalam memberikan edukasi dan sosialisasi pada masyarakat. (Mam)

BERITA REKOMENDASI