Pemkab Sukoharjo Peringati HUT Ke-75 Kemerdekaan RI

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pemkab Sukoharjo memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 dengan tema Indonesia Maju. Kegiatan digelar sederhana dengan suasana kemerdekaan ditengah pandemi virus corona. Pada peringatan kali ini Pemkab Sukoharjo berharap obat penyembuh virus corona segera ditemukan sebagai kado istimewa.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Senin (17/8/2020) mengatakan, pelaksanaan peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia digelar Pemkab Sukoharjo berdasarkan Surat Kementerian Sekretariat Negara RI nomor B-492.M.Sesneg/Set.TU.00.04/07/2020 tanggal 6 Juli 2020 tentang Pedoman Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020. Surat tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan Keputusan Bupati Sukoharjo Nomor 003/128 Tahun 2020 tentang Pembentukan Panitia Penyelenggara Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Kabupaten Sukoharjo.

Pelaksanaan peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia digelar Pemkab Sukoharjo dengan maksud untuk menanamkan kembali rasa nasionalisme kepada seluruh masyarakat serta mengenang kembali jasa jasa yang telah dilakukan oleh pendahulu kita, yang pada akhirnya kita lebih memahami arti dari sebuah kemerdekaan yang telah direbut dan mengisinya dengan pengabdian kepada bangsa dan negara secara lebih mulia dan terhormat.

Pemkab Sukoharjo pada pelaksanana peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia melaksanakan secara berbeda dibanding tahun lalu. Sebab kondisi sekarang sedang pandemi virus corona. Situasi tersebut membuat penyelenggaran kegiatan dengan kerumunan massa dibatalkan.

Kegiatan yang tetap dilaksanakan oleh Pemkab Sukoharjo berupa Gerakan Kebersihan, Keindahan dan Artistik (Gebiar) dilaksanakan 1-31 Agustus Tahun 2020. Kegiatan dilaksanakan dengan dibawah panitia Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo.

Gebiar dilaksanakan berupa Gerakan Jumat Bersih diselenggarakan oleh semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Minggu Bersih bagi masyarakat. Kegiatan tersebut dipusatkan pada kerja bakti untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat baik di kantor maupun lingkungan masyarakat.

Kegiatan lain yang dilaksanakan dalam HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia oleh Pemkab Sukoharjo yakni perbaikan dan pengecatan kanstin taman dan pohon turus jalan kota, gapura, monumen, lampu hias dan pemeliharaan penerangan jalan umum (PJU). Pelaksanaan tersebut juga digelar mulai 1-31 Agustus mendatang.

“Agenda dalam peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia juga dilakukan berupa sidang paripurna istimewa DPRD Sukoharjo Jumat 14 Agustus 2020 dengan agenda mendengarkan pidato Presiden RI dalam rangka peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI